DepokNews–Pembicaraan tentang ketahanan keluarga tidak terlepas dari kondisi kekinian umat Islam yang seolah terkepung dengan berbagai ancaman yang dapat merontokkan nilai-nilai moral dan akhlaqul karimah yang seharusnya menjadi basis pembangunan generasi zaman now atau yang lebih tepat kita sebut generasi akhir zaman.

Dalam tausiyahnya di tengah-tengah ibu-ibu peserta Kajian Bulanan MT Zahrotusyitta, Rangkapan Jaya Baru, ustadzah Linda Sri Utari, S.T., yang semakin dikenal dengan sebutan BCL (Bu Caleg Linda) menekankan 5 hal penting yang dapat membangun ketahanan keluarga di tengah arus dekadensi moral saat ini.

Kajian bertajuk “Pentingnya Ketahanan Keluarga dalam Ajaran Islam”, yang digelar pada Ahad, 3 Februari 2019 ini, menyarikan 5 hal penting pembentuk ketahanan keluarga. Pertama, Pentingnya memiliki visi keluarga bagi pasangan yang akan menikah, yaitu visi yang dapat mengantarkan keluarga yang akan dibentuk menuju surgaNya. Kedua, pentingnya membangun fondasi aqidah bagi keluarga muslim agar tidak mudah terlindas zaman dan terjebak dalam hedonisme kehidupan, yaitu dengan menyadari bahwa kehidupan dunia hanyalah senda gurau yang melalaikan, sementara kehidupan yang lebih baik atau lebih hakiki adalah kehidupan akhirat. Ketiga, pentingnya menanamkan keimanan yang benar dalam setiap keluarga muslim agar menjadi keyakinan yang berbuah amal yang ihsan. Sehingga setiap anggota keluarga senantiasa merasa diawasi perbuatannya oleh Allah SWT sehingga memiliki kendali dalam setiap tindakannya. Keempat, pentingnya membangun akhlak yang mulia (karimah) agar setiap tutur kata dan perbuatannya menularkan kebaikan dan menjadi teladan bagi keluarga lain. Kelima, pentingnya mengembalikan arah tujuan berkeluarga apabila berjalannya roda kehidupan berkeluarga sudah melenceng dari visi keluarga yang dicita-citakan ketika awal berkeluarga yaitu meraih jannahNya.

Dengan melakukan kelima hal penting di atas, diharapkan setiap keluarga muslim memiliki kelentingan terhadap konflik yang menyimpangkan tujuan berkeluarga sehingga dapat kembali kepada tujuan yang benar. Selain itu dengan mengamalkan 5 hal penting di atas, keluarga muslim akan memiliki imunitas yang tinggi terhadap virus-virus yang mematikan kehidupan berkeluarga dan menjauhkannya dari visi baiti jannati. Pada gilirannya, 5 hal penting ini akan membentuk ketahanan keluarga, yaitu keluarga yang sejahtera, tidak hanya kesejahteraan fisik namun juga sejahtera secara psikis.

Demikian pesan Bu Caleg Linda, yang dicalonkan oleh Partai Keadilan Sejahtera sebagai anggota legislatif Kota Depok, Daerah Pemilihan 1 Kecamatan Pancoran Mas, Depok bernomor 5.