Sapto Waluyo saat mmeberikan materi pada workshop jurnalistik

Menjadi Jurnalis di Era Digital

Posted on 858 views

DepokNews – Sekolah Tinggi Nurul Fikri (STT NF) bekerjasama dengan depoknews.id menggelar workshop jurnalistik untuk generasi milenial. Kegiatan yang diikuti puluhan peserta dari berbagai lapisan masyarakat tersebut berlangsung di Gedung STT NF, Jalan Lenteng Agung Jakarta, Sabtu (24/3/18).

Terdapat dua sesi dalam acara ini. Pertama yaitu pemaparan presentasi oleh Sapto Waluyo seorang Dosen STT Terpadu NF, dan Mujiran seorang Jurnalis Depok News. Sesi lain yang tidak kalah menarik adalah para peserta langsung dilibatkan untuk berlatih menulis berita aktual pada saat workshop.

“Bagi seorang jurnalis, tidak ada hoax yang membangun. Fakta itu suci” tegas Sapto Waluyo pada pemaparannya.

Sapto Waluyo memberikan pemaparan tentang pengantar jurnalistik di era digital.  Ia  memberikan fakta kekinian terkait informasi dan penggunaan teknologi kemudian memberikan langkah-langkah praktis bagaimana menulis sebuah berita dalam waktu 1 jam. “Jangan paksakan kehendak, seorang jurnalis harus menyampaikan fakta” tambahnya

Sedangkan Mujiran dalam paparannya menjelaskan secara singkat teknik menulis berita yang memenuhi kaidah jurnalistik 5W 1H..

“Menulis berita adalah menceritakan apa yang kita lihat, kita dengar dan ditambah dengan data” ujar Mujiran.

Ia menjelaskan poin poin penting yang harus dilakukan dalam menjadi jurnalis. Menurutnya cara belajar yang efektif adalah membaca berita-berita dan memperhatikan pola cerita berita tersebut.

Di akhir acara para peserta mengoreksi secara bersama-sama contoh berita yang dibuat oleh peserta dipandu oleh Mujiran. Acara ini sangat bermanfaat dan dapat meningkatkan pengetahuan dalam memberikan informasi kepada masyarakat terutama pada era keterbukaan informasi yang sangat luas ini agar informasi yang diterima menjadi tepat dan bermanfaat bagi masyarakat.