Peserta pesantren kilat yang dilaksanakan oleh AGBES

DepokNews—Dalam rangka mengisi bulan Ramadan Asosiasi Gerakan Bina Sejahtera ( AGBES ) Kelurahan Pondokcina, Kecamatan Beji melaksanakan Pesantren Kilat kepada anak-anak di lingkungan setempat.

Ketua AGBES M Irfan kepada wartawan pada Rabu (30/5) mengatakan selama sebulan, masyarakat muslim akan bertemu dengan Bulan Ramadhan.

Biasanya, beberapa kegiatan khusus dijalankan pada bulan tersebut, di antaranya pesanten kilat Ramadhan 1439 H oleh Asosiasi Gerakan Bina Sejahteram

“Menyongsong Ramadhan, dari kami melaksanakan pesantren kilat  dan di akhiri oleh Aneka Lomba Islami, yang mana perlombaan tersebut merupakan hasil dari pembinaan dari pesantren kilat, yang menjadi kali pertama dilakukan di Kelurahan Pondokcina”katanya.

Kegiatan itu melibatkan siswa, siswi SD/MI  baik dari sekolah negeri maupun swasta.

Materi yang berkaitan dengan sekitar dunia islam baik Thaharoh, fiqih, aqidah akhlaq dan Tilawah Al Quran. dengan mendatangkan narasumber dari berbagai Ustadz yang sudah menguasai tentang hal tersebut.

Jika berhasil, menurut M Irfan sebagai ketua pelaksana menuturkan ingin melakukannya sebagai kegiatan rutinan pads bulan Ramadhan tahun berikutnya.

Secara umum Pengertian Pesantren kilatmengandung dua kata kunci, yaitu pesantren dan kilat.

Pengertian pesantren secara umum, yaitu suatu lembaga pendidikan Islam yang di dalamnya terdapat kiyai yang bertugas mendidik dan mengajar para santri dengan menggunakan sarana mesjid, madrasah, dan didukung adanya pondok tempat tinggal santri.

Kilat karena dilakukan dalam waktu yang relatif singkat.

Rencananya, upaya ini akan diwujudkan dalam bentuk buku panduan amaliyah Ramadhan dan bisa dipakai untuk Madrasyah  atau Masjid yang ada kegiatan pengajaran tersebut.

Agenda ini dimaksudkan agar dapat mengoptimalkan Ramadhan.

Dengan adanya pelaksanaan  Pesantren kilat bagi siswa diharapkan dapat
Meningkatkan pemahaman, penghayatan, dan pengamalan siswa tentang ajaran agama Islam sehingga menjadi manusia muslim yang beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT. serta berakhlak mulia dalam kehidupan pribadi, bermasyarakat.