Mengintip Usaha Ternak Madu Bunga Kaliandra,Pelajari Madu Dari Surat An Nahl

Posted on

DepokNews- Khasiat madu yang bermanfaat bagi kesehatan tidak perlu diragukan lagi. Madu yang berasal dari liur lebah tersebut kaya manfaat yang gunanya tak hanya untuk kesehatan, melainkan juga untuk kecantikan.

Dari sekian banyak jenis madu yang ditawarkan, terdapat madu yang dihasilkan dari sari bunga pohon Kaliandra. Pemilik usaha ternak madu Dwinanto Bima Putranto mengaku madu jenis tersebut favorit warga. Mantan teknisi Industri Pesawat Terbang Nasional (IPTN) ini, menyatakan semua madu memiliki manfaat yang sama, tetapi pohon atau tumbuhan yang dikonsumsi lebah memiliki khasiat tersendiri dari madu yang dihasilkan.

Memerlukan waktu yang tidak sebentar bagi dirinya untuk memutuskan usaha madu. Dia mengaku dibutuhkan waktu sekitar 10 tahun untuk belajar.

Ia mengungkapkan belajar tentang madu  dari hasil kajian Alquran, Surat An Nahl (16) ayat 68-69. Saat ini dia pun merambah  melakukan terapi pengobatan lewat lebah.

“Ayat itu berisi tentang kehebatan lebah yang menghasilkan madu dan telah dijamin khasiatnya oleh Allah sebagai pencipta manusia,” ujarnya.

Dirinya memutuskan membuka usaha madu dan beternak lebah laantaran sakit yang diderita putra ke-3 nya, bahkan sampai menyebabkan kematian. Dari situ, Dwin sapaan akrab dari Dwinanto Bima Putranto mempelajari pengobatan alami.

Tak sampai disitu, putri ke-4 nya pun didiagnosa menderita kebocoran jantung. Namun ketika diterapi menggunakan lebah dan diterapkan kepada anaknya, kesehatan anaknya lambat laun mengalami perkembangan.

“Alhamdulillah saya juga mengembangkan terapi madu. Anak saya serta beberapa pasien lainnya telah merasakan manfaatnya dari terapi itu,” ucapnya.

Dwin mengutarakan kini produk madunya sudah sampai ke pasar luar negeri, seperti Kanada, Malaysia, Singapura dan beberapa negara lainnya.

“Banyak juga pelanggan yang datang dari luar kota. Biasanya mereka rutin membeli madu,” tuturnya.

Dengan metode tepat jenis madu, tepat dosis madu dan tepat waktu konsumsi madu dirinya yakin, orang yang berikhtiar mampu diobati.

“Allah telah memberikan manfaat kepada makhluk hidup yang diciptakannya, dan lebah merupakan salah satu makhluk yang memiliki banyak manfaat,” terang Dwin.

Lebih lanjut, saat ini dia juga fokus memelihara lebah-lebah di rumah.  Hal itu dilakukan agar pasien serta pelanggan juga dapat mengetahui cara memilihara lebah secara langsung.

“Dengan menyediakan lebah di rumah, pelanggan yang datang bisa melihat secara langsung bagaimana bertenak lebah,” tutupnya.(mia)