Mengenal Lebih Dekat Paduan Suara Swara Darmagita dari Kampus Gunadarma

Posted on

DepokNews- Suara indah paduan suara Mahasiswa Universitas Gunadarma Swara Darmagita, terdengar saat sidang Promosi Doktor Teknologi Informasi di Auditorium Kampus Depok, Rabu (25/1/2017).

Tidak hanya itu, paduan suara yang beranggotakan 85 mahasiswa Kampus Gunadarma ini, juga sudah malang melintang diberbagai festival. Tidak hanya di kancah Nasional, namun juga Internasional. Akhir tahun 2016 lalu, paduan suara Swara Darmagita menorehkan kebanggan dengan menjadi juara pertama pada Busan Choral Festival, di Korea Selatan.

Ketua Paduan Suara Swara Darmagita, Aldiyan Kartaatmaja menjelaskan, dalam festival tersebut pihaknya menang di dua kategori. Yaitu, Calsical dengan membawakan lagu Bahasa Latin, Italia juga Inggris. Lalu, kategori Folklore atau etnik, dengan membawakan lagu daerah, Bubuy Bulan dan dua lagu dari daerah Aceh.

“Berlaga di festival internasional menjadi sebuah pengalaman berharga yang tidak bisa dilupakan, apalagi meraih juara pertama,” jelas Aldiyan.

Aldiyan melanjutkan, latihan paduan Swara Darmagita selalu melakukan latihan dua kali dalam sepekan di jam 16.00-20.00. Sedangkan berlomba, intensitas latihan diperbanyak menjadi setiap hari.

“Kalau mau lomba juga tidak ada pantangan ya, hanya banyak minur air putih, dan tidur cukup,” ujarnya.

Semua mahasiswa bisa menjadi anggota paduan suara. Terpenting adalab memiliki ambisi untuk menyanyi. Audisi paduan suara Swara Darmagita dibuka setial tahun ajaran baru, dengan terget 250 peserta.

“Latihannya diajarkan teknik vokal, pernafasan, membaca not, ketukan, ritme dan notasi,” pungkasnya.(mia)