DepokNews–Berbagai dukungan diberikan kepada BAZNAS Kota Depok seiring dengan peningkatan dan perluasan manfaat pengelolaan zakat, infak, sedekah dan dana sosial keagamaan lainnnya.  Terlebih pada masa pandemi Covid-19  sejak penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), Pembatasan Sosial Kampung Siaga (PSKS) hingga Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB). Universitas Jaya Baya, dalam hal ini Fakultas Teknologi Industri (FTI) telah menunjukkan sinergitas dengan BAZNAS Kota Depok melalui program Pengabdian kepada Masyarakat.

Bermula dari pertemuan sharing session di Kantor Kecamatan Cimanggis pada akhir tahun 2019.  BAZNAS Kota Depok menggagas sinergi multi pihak dalam optimalisasi manfaat dan potensi zakat perusahaan maupun institusi perguruan tinggi, serta pihak swasta penyedia layanan publik di Kecamatan Cimanggis.  Komitmen sinergi terbangun dan terjalin hingga saat ini.   FTI Jaya Baya menindaklanjuti dengan sejumlah kegiatan yang telah dilaksanakan oleh BAZNAS Kota Depok, memberikan penguatan berupa peningkatan kapasitas, pengetahuan dan ketrampilan mustahik BAZNAS Kota Depok. 

Wakil Ketua IV BAZNAS Kota Depok, Dr. Rida Hesti Ratnasari, S.P, M.Si, mengatakan, “FTI Jaya Baya telah bekerjasama dengan BAZNAS Kota Depok, antara lain kegiatan pelatihan pembuatan sabun, pelatihan digital marketing bagi mustahik program pendayagunaan”.  “Selain itu juga melibatkan BAZNAS Kota Depok dalam kegiatan disinfeksi area Gedung Universitas Jaya Baya di Cimanggis

Dra Sri Wiji Lestari, M.Pd dari FTI Jaya Baya yang hadir pada sharing session BAZNAS Kota Depok menambahkan, “Kerja sama akan terus ditingkatkan, untuk memberikan manfaat sebesar-besarnya bagi masyarakat”

KH Encep, MA, Ketua BAZNAS Kota Depok menyampaikan, “Terima kasih kepada FTI Jaya Baya, telah memberikan peningkatan kapasitas bagi amil pelaksana dan relawan BAZNAS Kota Depok, FTI Jaya Baya memberikan pelatihan pembuatan hand sanitizer standar WHO,  face shield dan automatic hand sanitizer dispenser  untuk mendukung aksi BAZNAS Kota Depok pada masa Adaptasi Kebiasaan Baru Covid-19.   Pelatihan ini semacam ToT, diikuti oleh 20 orang amil dan relawan BAZNAS Kota Depok yang nantinya akan melatih mustahik binaan BAZNAS Kota Depok”.

Narasumber pelatihan antara lain Dr. Yeti Widyawati, S.T, M.Si, Lukman Nul Hakim, S.T, M.Eng, Fogot Endro Wibowo, S.T, M., Reza Diharja, S.Si. M.T, Dra. Sri Wiji Lestari, M.Pd dan lainnya, diwakili oleh Lukman Nul Hakim, S.T, M.Eng dan Reza Diharja, S.Si. M.T, hadir di Kantor BAZNAS Kota Depok pada Hari Rabu, tanggal 22 Juli 2020, menyerahkan 100 botol hand sanitizer masing-masing 500 ml, 100 buah face shield dan 100 unit automatic hand sanitizer dispenser yang merupakan produk hasil pelatihan.  Produk ini selain dimanfaatkan bagi mustahik di Kantor BAZNAS Kota Depok, juga dibagikan ke sejumlah masjid dan pondok pesantren oleh BAZNAS Kota Depok sebagai penerima manfaat program hasil kerja sama BAZNAS Kota Depok dengan FTI Jaya Baya.

Semoga  bermanfaat bagi pencegahan penyebaran Covid-19 sekaligus menjadi solusi alternatif peningkatan pendapatan mustahik dengan memproduksi sarana pendukung new normal, adaptasi kebiasaan baru pada masa pandemic Covid-19 ini” kata Lukman Nulhakim, S.T, M.Eng, salah satu narasumber pelatihan dari FTI Jaya Baya.

Reza Diharja, S.Si, M.T, yang juga menjadi narasumber pelatihan, menambahkan, Kerja sama FTI Jaya Baya dengan BAZNAS Kota Depok diharapkan terus berkelanjutan dan meningkat kebermanfaatannya”

Kegiatan bersama berikutnya adalah pemotongan hewan kurban di Kampus Jaya Baya.  Rencana akan dilaksanakan pada Hari Sabtu, tanggal 01 Agustus 2020.  Penyembelihan oleh Tim Sembelih Kurban BAZNAS Kota Depok yang dipimpin langsung oleh Ketua BAZNAS Kota Depok, KH Encep, MA, demikian ujar Rida Hesti Ratnasari, Wakil Ketua IV BAZNAS Kota Depok.