Depok, 31 Juli 2021. Pandemi Covid 19 masih belum berakhir. Kondisi pandemi ini memengaruhi semua bidang termasuk salah satunya adalah pendidikan anak-anak. Anak-anak harus menjalani pola belajar yang berbeda dari kebiasaan sebelumnya. Oleh karena itu Yayasan SriGading Indonesia (SGI) dalam rangka memperingati Hari Anak Nasional pada bulan Juli 2021 ini membuat acara yang menggugah anak-anak untuk bergembira bersama dengan mengusung tema “Anak Bahagia, Indonesia Sehat dan Sejahtera”.

SGI menghadirkan rangkaian acara secara daring melalui zoom meeting, dengan dipandu Bunda Soffie dan diteruskan oleh para MC cilik generasi penerus bangsa Farha dan Hani. MC cilik kita memandu acara dengan gaya anak-anak yang membuat suasana menjadi seperti bermain dan bercerita bersama teman-teman seusia mereka. Ada pantun yang Farha dan Hani persembahkan dalam memandu acara, “Cakeeep” begitu sahutannya.

Dimulai dengan pembacaan ayat suci Al Quran yang dibacakan oleh Izzati siswi salah satu SDIT di Depok yang berusia 9 th. Alhamdulillah di usia ini Izzati sudah memilki hafalan surat-surat pendek dalam Al Qur’an.

Memulai acara inti hadir memberi sambutan Fajriani Ulfa Firdaus mewakili mewakili SGI. Bunda Ulfa menyampaikan acara ini dirancang dengan menghadirkan anak-anak hebat seluruh Indonesia. Peserta berasal dari berbagai daerah, paling jauh hadir dari Bangka. “Acara ini menghadirkan bintang tamu bunda-bunda hebat di kota Depok, pendongeng hebat dan unjuk kemampuan anak-anak para peserta acara”, Bunda Ulfa menyampaikan sekaligus menyambut bintang tamu.

Keterangan gambar. Foto 1:Bunda Soffie, Bunda Elly, Bunda Siti, Bunda Ulfa dan sebagian peserta. Foto 2: MC cilik Farha dan Hani, Kak Mansyur, Nisa, Izaati, Qonita dan Bunda serta Mayesha.

Hadir menyapa anak-anak dan memberikan bekal budi pekerti bintang tamu acara ini yakni Siti Chaeriyah Aurijah Kepala Dinas Kearsipan dan Perpusatkan Kota Depok yang dipanggil dengan Bunda Siti dan Elly Faridah yang dipanggil dengan Bunda Elly selaku Bunda Literasi.  Bunda Siti menyampaikan kepada anak-anak untuk cerdas dan bijak dalam menggunakan internet. Kegiatan daring menjadi hal yang tak bisa lepas dari anak-anak saat ini. Beliau menghimbau anak-anak dapat selektif dalam mencari informasi, membatasi waktu, budayakan membaca dan beliau menambahkan banyak sarana-sarana elektronik perpustakaan salah satunya e-perpuskotadepok.

Bunda Elly memberikan bekal kepada anak-anak melalui dongeng, tokoh dalam dongeng beliau adalah Ani, Ina dan Inu. Anak-anak senang mendengar dongeng yang disampaikan Bunda Elly. Terselip di dalamnya pesan-pesan untuk anak-anak dalam menghadapi situasi pandemi dan semangat untuk melakukan kebaikan. Anak-anak pun terlihat komunikasi dua arah dengan Bunda Elly.

Giliran acara dongeng pun tiba. Anak-anak tak sabar menunggu dongeng yang akan disampaikan oleh Mansyur Neonane. Acara dongeng didahului dengan penampilan anak-anak peserta acara yakni Nida nama lengkapnya Siti Khaerunnida. Nida membawakan dongeng selama 5 menit, dilanjut penampilan menyanyi dari Mayesha Ayudia, siswi kelas 1 salah satu SD di Depok.

Kak Mansyur dalam dongengnya menceritakan anak yang punya semangat tinggi dan selalu optimis. Walau ditinggal oleh kedua orang tuanya Fulan tokoh dalam dongeng yang dibawakan Kak Mansyur tetap semangat mengejar cita-cita sampai bisa bersekolah tinggi di salah satu Perguruan Tinggi di Indonesia dan mendapatkan beasiswa.  Anak-anak terbawa situasi dongeng yang dibawakan Kak Mansyur dengan gaya yang lucu dan gembira tetapi menghadirkan semangat kepada anak-anak. Interaksi anak-anak dengan Kak Mansyur juga terbangun dengan baik. Tak lupa Kak Mansyur mengenalkan teman kecilnya kepada anak-anak yakni Somadun boneka kecil yang menemani Kak Mansyur bercerita. Anak-anak tertawa gembira mengikuti tingkah Somadun dan Kak Mansyur.

Usai dongeng acara dilanjutkan dengan penampilan peserta yang kedua yakni dari Izzati yang menampilkan review sebuah buku yakni buku yang menjelaskan tentang virus corona. Izzati menyampaikan isi buku bagaimana agar virus corona tidak mampir dan bermain dalam tubuh kita.  Penampilan selanjutnya yakni penampilan kolaborasi ananda Qonita dan bundanya. Penampilan puisi menarik ciptaan Very Veronika berjudul “Aku dan Bunda” dibawakan dengan apik, menarik dan interaktif oleh anak dan bunda. Puisi ini memberikan pesan kepada kita tentang menggapai cita-cita dan jangan pernah menyerah. Terus berusaha dan tawakal kepada Allah SWT.

Acara ditutup dengan foto bersama. “Ayo teman-teman kita foto bersama, jangan lupa gaya”, Hani memberikan instruksi kepada teman-teman. Melengkapi sesi penutupan acara Bunda Soffie memberikan kesempatan kepada peserta untuk memberikan komentar tentang acara ini. Amira kelas 2 SD memberikan komentarnya “Acaranya bagus, Amira suka”. Senada dengan Amira, Shofia juga berkomentar, “Bagus menyenangkan”.

SGI memberikan cindera mata untuk peserta yang unjuk kemampuan dan door prize kepada peserta yang terpilih. Peserta yang bertanya dan memberikan masukan serta berkontribusi aktif dalam acara mendapatkan door prize. Semoga bermanfaat.

Yayasan SriGading Indonesia mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas kerjasama, dukungan dan sponshorship dari lembaga Zakat Sukses sehingga acara ini dapat terselenggara dengan lancar.

Demikain reportase acara Hari Anak Nasional yang diselenggarakan oleh Yayasan SriGading Indonesia. Simak acara selengkapnya di channel youtube SriGading Indonesia. Ikuti acara-acara selanjutnya dengan follow istagram SGI di @ig.srigading dan website SGI www.srigadingindonesia.com, serta facebook: Srigading Sri Gading.

Sri Gading Indonesia, Belajar, Bekerja, Berkarya.

(PH, Foto: SGI)