Mendikbud saat Rembuk Nasional (Istimewa)
DepokNews- Peningkatan kualitas pendidikan tidak hanya menjadi kewajiban Ibu Kota negara atau DKI Jakarta saja. Namun, menjadi kewajiban wilayah sekitarnya seperti Depok. karena itu, Depok ditantang untuk menjadi pusat keunggulan, khususnya pusat keunggulan pendidikan setelah Jakarta.
“Sekarang ini yang menjadi tujuan pendidikan tidak hanya Jakarta saja, tetapi Depok bisa sebagai tujuan utama,” ujar Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) RI, Muhadjir Effendy, di Bojongsari, Depok, Selasa (6/2/2018).
Muhadjir menilai perkembangan dunia pendidikan di Kota Depok sudah sangat bagus. Pasalnya, sebagai daerah penyangga DKI Jakarta, Kota Depok sudah mampu mengimbangi kualitas pendidikan seperti yang ada di kota besar lainnya.
Perkembangan pendidikan di Depok saya kira sudah sangat bagus. Karena sebagai daerah penyangga DKI Jakarta, tidak mungkin Jakarta bisa mengakomodasi semua kepentingan umum, termasuk bidang pendidikan.
Menurutnya, tingkat rata-rata harapan lama sekolah di Kota Depok sudah sangat bagus, karena di atas dari rata-rata nasional. Di mana untuk Kota Depok sudah mencapai 13 tahun di atas angka nasional sebesar 12,72 tahun.
“Dari hasil ujian nasional, rasio guru dan siswa, rasio guru dan rombongan belajar (rombel), dan fasilitas pendidikan lainnya di Depok sudah bagus sekali,” pujinya.
Sementara itu, Wakil Walikota Depok Pradi Supriatna menambahkan Kota Depok merasa sangat tersanjung dan bersyukur dipilih menjadi tuan rumah gelaran rembuk nasional. Menurutnya suatu kehormatan Depok bisa dipilih sebagai tempat perumusan strategis langkah pendidikan tingkat nasional untuk tahun 2018.
“Kita syukuri Depok jadi salah satu pilihan tempat rembuk nasional, hal tersebut bisa menandakan Depok sebagai salah satu ikon pendidikan yang bagus untuk level nasional,” tutupnya.(mia)