DepokNews–Meyandang gelar doktor merupakan prestasi yang membanggakan dan tidaklah mudah untuk meraihnya. Darmastuti, dosen sekaligus mahasiswa program S3 Universitas Gunadarma yang baru saja berhasil meraih gelar doktor mengungkapkan dukungan keluarga menjadi salah satu faktor penentu sehingga ia berhasil meraih gelar doktor.

“Saya merasa legaaaaa, bebannya sudah berkurang, tinggal melakukan perbaikan-perbaikan. Saya bersemangat dalam melakukan penelitian sampai berhasil lulus ini salah satu faktornya mendapat semangat atau dukungan besar dan doa dari keluarga. Anak-anak mengerti, suami, orang tua semua mengerti,” kata Darmastuti penuh haru bahagia selepas dinyatakan lulus sebagai seorang doktor.

Dalam menempuh pendidikan S3 tersebut, Darmastuti melakukan penelitian terkait osteoporosis khususnya tulang rahang yang dituangkan dalam desertasi yang berjudul “Metode Identifikasi Resorpsi Mandibula Korteks Untuk Mendeteksi Osteoporosis Pada Panoramik X-Ray”

Desertasi tersebut berhasil dipertahankannya pada sidang terbuka promosi Doktor Teknologi Informasi di Universitas Gunadarma Kampus D Jalan Margonda Raya Depok, Selasa (16/4/2019) dan dinyatakan lulus dengan predikat sangat memuasakan. Ia merupakan Doktor Teknologi Informasi lulusan ke-154 dari Universitas Gunadarma.

Darmastuti menjelaskan, latar belakang penelitiannya terkait osteoporosis khususnya tulang rahang tersebut karena menurutnya, poli gigi pada rumah sakit pasiennya selalu ramai dan untuk menangani pasien gigi juga diperlukan waktu yang lama.

“Kalau kita lihat rumah sakit penuh terus, berobat gigi prosesnya lama dan kadang harus berulang kali kembali ke dokter gigi, nah gigi goyang bisa saja karena osteoporosis disamping faktor lainnya,” tambah Darmastuti.

Darmastuti, wanita kelahiran Solo tahun 1968 ini menempuh pendidikan program Doktor Teknologi Informasi di Univeersitas Gunadarma dengan Promotor : Prof.Dr. dr. Johan Harlan, S.Si, M.Sc. Ko Promotor : Dr. Eri Prasetyo Wibowo dan Dr. Metty Mustikasari.

Berita terkait: Budi Utami Fahnun Sukses Raih Gelar Doktor di Universitas Gunadarma