Kedatangan KPU Depok saat verfak Partai Gerindra (Istimewa)
DepokNews- Partai Gerindra Kota Depok lolos dalam Verifikasi Faktual (Verfak), yang dilakukan KPU Kota Depok. Gerindra dianggap telah memenuhi tiga komponen dalam verfak oleh KPU di Kantor DPC Gerindra di GDC, Selasa (30/1/2018).
Ketua KPU Kota Depok, Titik Nurhayati mengatakan ketiga komponen tersebut adalah pengecekan keberadaan Ketua, Sekretaris dan Bendahara. Serta keterwakilan 30 persen perempuan dalam struktur kepengurusan dan status kepemilikan kantor sekretariat DPC Gerindra Depok.
“Hasil verifikasi tiga komponen tersebut dinyatakan Memenuhi Syarat (MS),” ujar Titik.
Untuk komponen Ketua, Sekretaris dan Bendahara semua hadir dalam verfak dengan menunjukkan KTP Elektronik (KTP-El) dan Kartu Tanda Anggota (KTA). Kemudian, keterwakilan perempuan di dalam kepengurusan ada 12 pengurus berjenis kelamin perempuan.
“Hal ini tentunya memenuhi kuota 30 persen keterwakilan perempuan,” jelasnya.
Untuk status kantor, lanjut Titik, juga alamat dan dokumen kepemilikan juga telah KPU buktikan. Hasilnya kantor pun memenuhi syarat dari tiga komponen tersebut.
“Dari hasil ini, Gerindra Depok dinyatakan memenuhi syarat untuk verfikasi faktual,” tukasnya.
Sementara itu, Sekretaris DPC Gerindra Depok, Hamzah menjelaskan bahwa partainya sudah memenuhi hal-hal yang diperlukan KPU Depok dalam melakukan verifikasi. Seperti keanggotaan, surat-surat status maupun domisili kantor dan hal lainnya sudah dipersiapkan secara matang. Persiapan pun sudah disiapkan sejak jauh-jauh hari sebelumnya.
“Ketika MK memutuskan semua partai harus melakukan verfak, kami langsung mempersiapkan segalanya untuk verfak,” terang Anggota Komisi A DPRD Depok ini.
Untuk keanggotaan sendiri yang di verfak sebanyak 80 orang, baik kader maupun pengurus dari 1.400 orang yang didaftarkan dalam Sistem Informasi Politik (Sipol).
“Alhamdulilah semua lancar dan memenuhi persyaratan, hingga kami dinyatakan lolos verfak,” tutup Hamzah.(mia)