Memelihara Ikan Aquarium Bukan Sekedar Untuk Hiasan Ruangan Saja, Tetapi Ada Manfaat Lain

Posted on 10 views

Depoknews.id, Depok– Memelihara aquarium di rumah bukan sekedar menjadi hiasan ruangan saja. Terdapat manfaat lain yang cukup baik dari memelihara aquarium ikan hias di rumah, yakni manfaat kesehatan.

Belum banyak orang yang mengetahui akan manfaat kesehatan yang diperoleh dari memelihara ikan hias di aquarium. Manfaat tersebut ternyata sangat baik menjaga kesehatan anda.

Meskipun banyak orang yang menganggap memelihara ikan di aquarium hanya hobi semata. Tetapi ketika kita melihat liak liuk gerak-gerik ikan pada aquarium, itu menjadi satu cara untuk melakukan terapi.

1. Menghilangkan Stres

Stres selalu menyerang siapa saja, mungkin anda juga sebagai seorang yang mudah stres saat melakukan perjalanan pulang kantor yang cukup melelahkan. Jika anda sering menggunakan transportasi umum seperti KRL, berdesak-desakan setelah kelelahan di kantor membuat anda menjadi stres. Belum lagi jalanan yang macet saat jam pulang kantor, menambah stres anda saja.

Ternyata stres itu bisa hilang dengan melihat gerak-gerak ikan di aquarium. Menonton ikan dalam aquarium ternyata bisa memiliki efek emosi dan fisiologis seseorang. Bahkan saat anda melihat liak liuk ikan warna-warni dalam aquarium, pikiran anda pun kembali jernih.

2. Menurunkan Tekanan Darah Pada Tubuh

Anda yang mudah naik darah, ada baiknya memlihara aquarium di rumah. Aquarium terbukti bisa menurunkan tekanan darah menjadi normal. Memelihara aquarium juga cukup baik bagi anda yang memiliki penyakit jantung.

Melihat ikan dalam aquarium bisa membuat menurunkan denyut nadi dan melemaaskan ketegangan otot anda, sehingga bisa membuat jantung anda lebih kuat. Semakin sering anda menatap aquarium, semakin baik efek yang akan ditimbulkan.

3. Membuat Tidur Lebih Nyenyak

Ikan dalam aquarium ternyata bisa membuat tidur kita lebih nyenyak. Hal ini tidak hanya berlaku bagi orang dewasa, tetapi juga untuk anak-anak. Terapi memelihara ikan di aquarium cocok untuk anak yang hiperaktif dan bisa membuat anak-anak tidur lebih nyenyak di malam hari.

4. Baik untuk Pasien Alzheimer

Memelihara ikan aquarium ternyata memiliki dampak yang amat positif bagi penderita alzheimer. Karena bagi pasien alzheimer yang memiliki aquarium tidak akan memiliki sikap yang agresif.

5. Sangat Baik untuk anak Autis

Anak-anak autis ternyata memiliki emosional yang cukup tinggi, sehingga dengan melihatkan kepada mereka ikan-ikan di aquarium akan membuat dirinya menjadi lebih tenang. Karena mereka bisa melihat warna yang indah dari ikan dan kehidupan dalam air lainnya.