Membentuk Perilaku Etik Perawat di Rumah Sakit Umum Daerah Depok

DepokNews–Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia melalui Hibah Pengabdian Masyarakat (Pengmas) tahun 2019 dengan tema Pembentukan Perilaku Etik Perawat berdasarkan Telaah Kode Etik PPNI dan Filosofi Florence Nightingale dalam pelayanan keperawatan. Pengmas ini bertujuan untuk membantu membentuk perilaku etik perawat di RSUD Depok. “Pembentukan perilaku etik perawat perlu diingatkan dan dibiasakan melalui budaya kerja” kata Ketua Tim Pengabdi Masyarakat Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia (FIK UI) Tuti Afriani, S,Kp., M.Kep, Kamis (25 Juli).
Peningkatan perilaku etik perawat RSUD Depok merupakan kelanjutan pengabdian masyarakat yang pernah dilakukan oleh Departemen Dasar Keperawatan dan Keperawatan Dasar (DKKD FIK UI). “Perilaku perawat dalam memberikan asuhan keperawatan belum optimal bahkan masih kurang berdasarkan survey tahun 2017 lalu sehingga perlu diperhatikan, apalagi zaman sekarang masyarakat yang sudah melek kesehatan dan menuntut pelayanan kesehatan yang memuaskan oleh perawat dan petugas lainnya” kata Tuti.
Salah satu contoh kasus yang mengemuka tentang seorang gubernur yang melihat perawat dan dokter yang bertugas malam tertidur saat inspeksi mendadak ke salah satu RS umum daerah, merupakan tindak lanjut dari pengaduan warga yang mengeluhkan pelayanan perawat dan dokter di RS itu. Kasus lain adalah pelaporan pasien karena tindakan perawat di ruang operasi yang terjadi di Surabaya.
“Kegiatan pengmas kali ini diperuntukkan bagi kepala ruangan dan ketua tim karena diharapkan ada tindak lanjut dari kepala ruangan dan tim untuk membuat program peningkatan perilaku etik perawat. Selain itu dalam mempersiapkan Sistem Nasional Akreditasi Rumah Sakit (SNARS) perawat RSUD Depok dilatih untuk melakukan simulasi pemecahan masalah etik di rumah sakit” tutur Tuti.
Direktur RSUD Depok Drg. Asloe’ah Madjri, MKKK menyambut baik dan mendukung kegiatan pengmas FIK UI dengan tangan terbuka dan menekankan pentingnya kesinambungan pengabdian masyarakat FIK UI di RSUD Depok. “Kebetulan RSUD Depok akan melaksanakan Standar Nasional Akreditasi Rumah Sakit (SNARS) pada bulan agustus ini sehingga pengmas ini sangat membantu meningkatkan semangat perawat RSUD Depok sebelum akreditasi dimulai” imbuhnya.