DepokNews,- Kampung cerdas Indonesia (KCI) beralamat di Jl. Pekapuran Raya Gg. Damon no.19 Rt 004/Rw 004 Curug, Cimanggis, Depok 16453. KCI terbentuk dari tahun 2014, dengan bertujuan untuk membangun generasi yang cerdas dan berkopeten yang dibuat oleh Rinaldi dan istrinya.

Sebelum terbentuknya KCI, Rinaldi dan istri terlebih dahulu membuat rumah baca.

“Pada awalnya kami membuat rumah baca dulu, anak-anak banyak yang kumpul dan menanyakan pr sekolahnya akhirnya kami buat rumah belajarnya,” ujar Nita Diah Astuti istri Rinaldi sekaligus pengurus KCI.

Nita menambahkan untuk saat ini relawan di rumah belajar masih sedikit, jadi kami hanya membuka kelas hanya untuk SD dan SMP.

Kegiatan rumah belajar dilakukan dari Senin – Jumat sehabis magrib sampai setengah sembilan malam, dengan siswa 5 – 15 orang di dalam kelas. Selain kegiatan rumah belajar dan rumah baca KCI juga mempunyai program lain seperti rumah pelatihan dan rumah Qur’an.

Nita mengatakan bahwa mendapatkan stok buku dari pemda, komunitas pencinta buku dan beberapa relawan yang melihat kegiatan kami dan akhirnya mewakafkan bukunya.

Nita berharap ditahun ini KCI tidak hanya berada di wilayahnya saja, ia berharap ada beberapa titik wilayah atau area yang bisa dijadikan pusat berkumpulnya anak dengan kegiatan yang postif. Trisna Nugraha