DepokNews- Tim Penggerak  Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kelurahan Mekarjaya, Kecamatan Sukmajaya, berhasil menyabet lima kejuaraan dalam Lomba TP-PKK Provinsi Jawa Barat, yang dilaksanakan pada 27 Oktober kemarin. Raihan positif ini dikarenakan inovasi yang dimunculkan Kota Depok dinilai menarik.

Ketua TP-PKK Kecamatan Sukmajaya, Yulia Oktavia mengatakan, terdapat lima bidang lomba yang diikuti. Mulai dari Kelompok Kerja (Pokja) I sampai IV  hingga kesekretariatan.

“Masing-masing bidang memunculkan inovasinya,” katanya, seperti dikutip situs resmi Pemkot Depok, Jumat (13/11).

Yulia menambahkan, untuk sekretariat, dalam penilaian administrasi, TP-PKK Mekarjaya memiliki program Kampung Darwis Digital. Adapun dalam lomba Pelaksanaan Pola Asuh Anak Remaja (PAAR) yang diikuti Pokja I, inovasinya adalah pembuatan buku saku, buku PAAR online, buletin, dan leaflet yang kreatif.

“Selain itu, para pengurus juga mengadakan penyuluhan online dan kartu untuk penyuluhan (Katar Suluh) PAAR,” katanya.

Sementara pada Lomba Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K) yang diikuti Pokja II, kadernya membuat kotak pintar, Gerakan Sayang Produk Mekarjaya (Gasprojaya), dan sejumlah pangan olahan. Seperti kolang kaling kembang teleng, cheese stick buah naga, jus kedondong, dan abon cakalang.

“Adapun untuk pemasaran produknya melalui online, kemitraan dengan AIKD dan P3I, serta permodalan melalui non-tunai atau aplikasi gopay,” tambahnya.

Lebih lanjut, kata Yulia, Pokja III mengikuti perlombaan Halaman Asri Indah Teratur dan Nyaman (Hatinya) PKK. Inovasinya adalah pembuatan  Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL), produk hand sanitizer lidah buaya, dan selai lidah buaya kembang teleng.

Terakhir, inovasi yang dibuat Pokja IV dalam perlombaan Inspeksi Visual Asam Asetat (IVA) Test, yaitu dengan menggagas Gerakan Masyarakat Cinta Rahim dan Payudara (Gemas Citradara). Selain itu, peralatan pelengkap seperti pin, stiker, dan leaflet Iva test.

“Mereka juga membuat penyuluhan dan materi online Iva test,” ucapnya.

Sementara itu, Penjabat Sementara (Pjs) Ketua TP-PKK Kota Depok, L. Erlita Widiasih mengungkapkan kegembiraannya atas raihan positif ini. Dirinya berharap prestasi yang diraih TP-PKK Mekarjaya dapat menjadi stimulus semangat bagi  wilayah lain.

“Alhamdulillah, Depok bisa meraih juara dalam lima lomba PKK Tingkat Provinsi. Perjuangan yang dilakukan para pengurus dan kader, sangat saya apresiasi apalagi di tengah pandemi, terus menyosialisasikan kegiatan-kegiatan pemberdayaan masyarakat,” tutupnya. (Mia)