Chairul Saleh

DepokNews–Chairul Saleh, Warga Kota Depok berhasil menjadi pelopor dan penggerak pertama inovasi digital marketing atau pemasaran produk lewat tekhnologi digital bagi pelaku Usaha Kecil Mikro dan Menengah (UMKM).

Chairul mengemas Tekhnologi Digital Marketing bagi pelaku UMKM tersebut dalam wadah yang dinamai Rumah Marketer.

Seperti diketahui, Inovasi merupakan kunci sukses bagi pelaku UMKM di berbagai daerah sebagai pondasi bertahan ditengah persaingan industri yang semakin ketat.

Dijelaskan Chairul, Inovasi Rumah Marketer telah berdiri sejak 2018 dengan fokus utama memberikan pelayanan kepada mitra usaha.

Lebih jauh dia mengatakan, penjualan berbagai produk milik pelaku UMKM yang tergabung di Rumah Marketer dapat diakses melalui laman oleholehdepok.id, market place, maupun media sosial.

Chairul mengakui, begitu banyak pelaku UMKM yang memiliki produk sangat mumpuni, namun terkendala dalam pemasarannya.

“Banyak sekali produk milik pelaku UMKM yang sangat bagus, namun tidak bisa terjual dengan berbagai kendala,” kata Chairul.

“Berkaca dari hal tersebut, akhirnya ide keluar, yaitu menyediakan media pemasarannya,” ungkap pria kelahiran Batang, Jawa Tengah ini.

Selain jasa pemasaran, Rumah Marketer memiliki sejumlah program unggulan lain, diantaranya jasa foto produk dan desain logo, konsultasi desain kemasan dan brosur, serta pelatihan internet marketing dan bisnis.

Pada 2019, Rumah Marketer memiliki sembilan program marketing antara lain promo ongkos kirim (ongkir) se-Jabodetabek, gratis ongkir minimal pembelian dua bungkus khusus wilayah Depok, program ‘Dicari 315 Ibu Tangguh Kota Depok’, bazar, remaja masjid-preneur, dan fun cooking.

Selama pandemi Covid-19, Account Representative Kantor Pelayanan Pajak Pratama Palmerah ini juga semakin gencar membantu pelaku UMKM agar dapat tetap eksis, salah satunya dengan mendirikan pasar online.

Inovasi pasar online ini dikembangkan menggunakan platform Whatsapp Group. Sampai saat ini, ia telah mengelola 10 group pasar online dengan berbagai program yakni, katalog belanja pasar online, pasar online peduli, dan kelas bisnis pasar online.

“Saat pandemi Covid-19 melanda negara kita, banyak tetangga dan pelaku UMKM di sekitar saya yang mengeluh. Kondisi penjualan mereka turun drastis. Bahkan nyaris bangkrut karena sangat sepi. Tapi dengan pasar online ini, Alhamdulillah, banyak warga yang sudah merasakan manfaatnya,” jelas Chairul.

Sejak April 2020, Chairul Saleh juga melakukan edukasi secara intens kepada warga di daerah sekitar tempat tinggalnya untuk saling belanja di warung tetangga. Menurutnya, langkah sederhana ini bisa menjadi solusi agar ekonomi warga bisa bertahan.

Kegigihan Chairul Saleh dalam mengembangkan UMKM juga yang berhasil membawanya menyabet sejumlah penghargaan seperti juara III Penghargaan Kinerja Pegawai Kategori Account Representative Tingkat Kanwil DJP Jakarta Barat dengan inovasi Pembinaan UMKM melalui Program Business Development Services.

Pada tahun 2020, sepak terjangnya membuat ia berhasil terpilih sebagai Top 10 PNS Inspiratif dalam ajang Anugerah ASN yang diselenggarakan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi

sumber: https://menpan.go.id/site/berita-terkini/menilik-sepak-terjang-sutradara-digital-marketing-umkm-kota-depok