Melaui Berbagai Pelatihan, Pemkot Depok Membentuk Wirausaha Baru yang Handal

Posted on 46 views

DepokNews — Pemerintah Kota Depok, dalam hal ini Dinas Koperasi dan Usaha Mikro (DKUM) Kota Depok mengadakan pelatihan bagi para Wirausaha Baru (WUB) bidang kuliner, fashion dan craft. Agenda pelatihan meliputi Dinamika Kelompok, Motivasi Bisnis, Ide-ide Bisnis, Perencanaan Bisnis, Manajemen Usaha Kecil, Produk dan konsumen, Marketing, dan Operational Profitability.

Narasumber berasal dari Balatkop Provinsi Jawa Barat dan Pelaku bisnis /pengusaha Kota Depok. Pelatihan selama 3 (Tiga) hari pada bulan Oktober dan November 2017 di Mekarsari dan Bojongsari, Depok.

Kepala DKUM Fitriawan mengatakan menjelaskan, pelatihan  Wirausaha Baru untuk bertujuan untuk melahirkan para pelaku usaha yang handal di Kota Depok.

“Kegiatan pelatihan WUB bertujuan untuk meningkatkan kapasitas pelaku UMKM yang baru berusaha, sehingga kualitas UMKM memiliki daya tawar tinggi, produktif dan efisien. Pelatihan WUB secara tidak langsung juga upaya untuk menambah lapangan kerja baru oleh para pelaku UMKM,” katanya.

Selain materi di kelas, agenda pelatihan juga meliputi Kunjungan lapangan ke tempat produksi salah satu UMKM yang berhasil di Kota Depok. Dan sebagai langkah nyata untuk menyusun strategi UMKM lebih lanjut, maka dilakukan pendampingan usaha oleh Couch  selama beberapa waktu setelah pelatihan.

Salah satu peserta dari Sukmajaya, Isnawati mengaku sangat senang bisa ikut pelatihan ini “Pelatihan yang bagus banget, kami dapat ilmu dan wawasan bagaimana cara marketing, mengelola karyawan, keuangan meskipun masih skala mikro” ujar pengusaha UMKM pembuat kolang-kaling ini.