Melanggar Protokol Kesehatan, Tim Pemburu Covid-19 Depok Siap Bertindak

DepokNews- Polres Metro Depok bentuk Tim Pemburu Covid-19 di Kota Depok. Tim tersebut siap bergerak cepat melakukan penyisiran terhadap pelanggar protokol kesehatan di Kota Depok. 

Kapolres Metro Depok, Kombes Pol Azis Andriansyah mengatakan, setelah terbentuk, Tim Pemburu Covid-19 akan melakukan Testing, Tracing dan Treatment (3T) sekaligus pengawasan 3 M. Yaitu Mencuci tangan, menjaga jarak dan menggunakan masker.

Menurutnya, dalam pencarian dan pelacakan pasien Covid-19 yang berkeliaran juga berdasarkan data. 

“Tim ini mencari yang positif dari hasil tracing testing. Juga akan menyisir mereka positif namun masih berkeliaran. Untuk dilakukan treatment misalnya isolasi mandiri di rumah atau tempat yang disediakan,” katanya, Sabtu (5/12).

Dirinya menjelaskan, peluncuran tim tersebut merupakan bagian dari upaya penindakan terhadap kurang disiplinnya masyarakat yang terkonfirmasi positif Covid-19.

Sedangkan dalam langkah pemberdayaannya dengan segera meluncurkan program Kampung Tangguh Jaya, akan berkolaborasi dengan Kampung Siaga Covid milik Pemkot Depok. 

“Nanti akan ada bakti kesehatan sosial, imbauan dan sosialiasi tentang pemberdayaan kepada masyarakat melalui kampung tersebut. Itu adalah upaya pendekatan humanis kami,” tuturnya.

Sedangkan, sambung Kombes Pol Azis, untuk Tim Pemburu Covid-19 ini adalah penindakannya. Jika ada kerumunan akan kami data.

“Jika ada yang positif kami akan rapid yang berkerumun,” ujarnya.

Dirinya menambahkan, pihaknya bertindak atas peraturan yang ada seperti Peraturan Wali Kota. Namun bila diperlukan pihaknya bakal mengunakan undang-undang pidana atau karantina kesehatan dan wabah penyakit.

“Masyarakat tidak perlu takut. Yang takut adalah si pelanggar protokol kesehatan yang masih berkeliaran. Karena kami mengejar yang tidak disiplin,” tegasnya.

Sementara itu, Dandim 0508/Depok, Kolonel Inf Agus Isrok Mikroj menambahkan, akan mendukung penuh penegakan protokol kesehatan di Kota Depok. Pihaknya juga akan menyiapkan personel yang dibutuhkan sebagai Tim Pemburu Covid-19. 

“Sesuai arahan Panglima TNI untuk jangan ragu dalam bertindak demi keselamatan orang banyak. Kami siap mendukung,” tutupnya.(Mia