Ilustrasi (istimewa)

Sadarkah kamu jika perlakuan yang dianggap sepele akan membuat lawan bicara senang dan merasa dianggap ada. Namun, kebanyakan hal-hal tersebut selalu tidak diaplikasikan di kehidupan sehari-hari sehingga terlihat seperti menjadi arogan bahkan orang asing, padahal sejatinya makhluk hidup itu memerlukan sosialisasi dan berinteraksi dengan baik. Maka, lakukanlah hal-hal yang dianggap sepele ini namun berpengaruh besar pada diri kita.

Selalu Tersenyum

Selalu tersenyum kepada setiap orang yang bertemu atau berpapasan dengan kamu baik keluarga, teman dan siapapun yang tidak dikenal akan membuat hati selalu merasa tenang dan aman. Selain itu, senyum juga bermanfaat bagi kesehatan seperti yang dikutip dari detikhealth mengutip dari About, Jumat (2/12/2011) bahwa senyum bisa meredakan stress, meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menurunkan tekanan darah.

Saling Tegur Sapa

Kita hidup di dunia ini selalu dikelilingi oleh berbagai orang. Sebagai makhluk sosial, kita perlu untuk berinteraksi setidaknya walaupun hanya say ”hi”. Dengan bertegur sapa akan membuat diri kita menjadi lebih peka terhadap orang lain karena setelah kita menyapa akan mengetahui sikap seseorang dari respon sapaan tersebut.

Mengucapkan Tolong, Maaf dan Terima Kasih

Tiga kata keramat, simple namun berat dikatakan ini sebenarnya memiliki dampak positif yang sangat besar. Sekecil apapun kesalahan kita yang bahkan bisa dimaklumi lawan bicara karena telah mengenal karakter kita tetap saja diutamakan harus minta maaf. Sekecil apapun memerlukan bantuan hendaklah kata yang diucapkan di awal adalah kata tolong. Dan sekecil apapun mendapatkan bantuan dari orang lain jangan lupa mengucapkan terima kasih sekalipun dirimu tidak meminta bantuan orang lain. Karena dengan mengucapkan tiga kata tersebut memiliki dampak positif yang besar diantaranya akan saling tenang, menghargai dan berkurangnya rasa benci serta menciptakan rasa toleransi yang tinggi terhadap sesama.

Tepat Waktu

Menunggu adalah hal yang paling menyebalkan dan dihindari. Maka jika kamu mempunyai janji, sebisa mungkin untuk tidak datang terlambat dan jika kamu dating terlambat akan memunculkan kesan negatif terhadap mereka yang memiliki janji denganmu. Karena dengan tepat waktu akan meningkatkan sikap kedisiplinan.

Meletakkan Ponsel Ketika Mendengarkan Orang Lain Bicara

Biasakanlah untuk tidak memainkan ponsel ketika mendengarkan lawan kita yang sedang bicara. Jangan sampai kamu lebih fokus terhadap benda mati dan akan membuat orang lain jengkel terhadapmu sampai mereka tidak ingin berbicara denganmu lagi. Utamakanlah adab dan etika ya guys.

Oleh karena itu, jangan pernah mengabaikan hal-hal sepele yang akan membuat dirimu lebih dihargai. Lakukanlah sesekali jika merasa tidak biasa  maka lama-lama akan menjadi terbiasa bahkan menjadikan sebuah hal yang luar biasa dan membuat diri menjadi lebih optimis melakukan hal-hal positif lainnya.

Alinnisa Nur Fadilah