DepokNews- Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Depok adakan media gathering dengan jurnalis Depok. Mengambil tema ‘Optimalisasi dan Sinergisitas Jurnalis Bersama Forkopimda’, di Saung Godong Ijo, Bojongsari, Kamis (28/11/2019).

Kepala Diskominfo Kota Depok Sidik Mulyono mengatakan media gathering dengan jurnalis Depok ini, bertujuan untuk mempererat silaturahim. Sekaligus sebagai ajang tanya jawab bagi media kepada Forkopimda Depok, meski kegiatan tidak dihadiri Wali Kota, dan wakil wali kota Depok yang berhalangan hadir. 

“Mohon maaf Pak Wali dan Wakil tidak bisa hadir, karena ada tugas mendadak,” jelas Sidik.

Sidik Mulyono mengajak para pegiat media atau wartawan meningkatkan profesional. Bukan hanya dari sisi pribadi melainkan juga kualitas lembaga medianya.

Jika merujuk pada arahan Dewan Pers, alat ukur keprofesionalitas jurnalis, yaitu memiliki sertifikasi Uji Kompetensi Wartawan (UKW). Selain itu, masing-masing media melengkapi legalitas berdirinya, yakni perusahaan yang berstandar pers, bukan CV atau lainnya.

“Karena sudah ada wanti-wanti dari Dewan Pers terkait penggunaan anggaran pemerintah baik pusat atau daerah, harus digunakan pada media yang berstandar perusahaan pers. Hal ini perlu disampaikan, karena semua anggaran akan diaudit oleh Dewan Pers,” paparnya.

Sidik berpendapat, peraturan tersebut di satu sisi memberatkan, namun tetap memiliki sisi positifnya. Sebab, bisa mengajak wartawan dan media menjadi pers yang profesional dan proporsional, bukan hanya dari sisi personal tetapi juga perusahaan.

Pada kesempatan itu, Sidik juga menyinggung terkait tema Media Gathering kali ini, Optimalisasi dan Sinergitas Jurnalis Bersama Forkopimda. Menurutnya, kegiatan kali ketiga ini, diadakan sebagai wadah mengemukakan aspirasi antara Pemerintah Kota (Pemkot) dengan insan media.

“Diharapkan, satu sama lain saling berkontribusi terhadap pembangunan di Kota Depok, melalui peran dan tugasnya masing-masing,” tandasnya.(mia)