Masyarakat Depok Bebersih Kali Ciliwung

Posted on

Depoknews.id – Komunitas masyarakat yang berada di sekitar bantaran Kali Ciliwung wilayah Depok Jawa Barat menggelar aksi Bebersih Kali Ciliwung, pada Ahad (26/2).

Acara yang diprakarsai Komunitas Ciliwung Depok (KCD) ini dipusatkan di wilayah RW 14, Kemiri Muka, Beji, Depok yang meliputi RT 2 wilayah Kebogerang dan RT 5 wilayah bawah jembatan Juanda.

Proses membersihkan sampah di kali Ciliwung yang berada di sekitar daerah kebogerang melibatkan sejumlah warga dan relawan lingkungan. Sampah yang berhasil diambil dari kali lalu diangkut oleh Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Depok di wilayah RT 05 RW 14 Kecamatan Beji.

Persiapan di kawasan Jembatan Panus Kelurahan Depok.

Bersamaan dengan kegiatan bebersih kali Ciliwung, juga berlangsung pengajaran menggambar bagi anak-anak dan edukasi tentang ular dari KCD. Selain itu juga digelar sosialisasi bahan daur ulang oleh Ibu-ibu  PKK RW 14 dipimpin oleh Ibu Ketua RW 14.

Ketua RW 14, Edi Nurhadiyanto, menyampaikan bahwa Kegiatan ini sangat bermanfaat untuk menunjukkan kepedulian terhadap lingkungan dalam hal ini Kali Ciliwung.

“Saya berharap dukungan dari Pemkot Depok agar kegiatan bebersih kali Ciliwung yang sangat mungkin dikombinasikan dengan aktivitas arung jeram Kebogerang ini ke depan bisa jadi salah satu objek wisata di Depok,” tambah Edi.

Githraf (10), putra dari Pak RW 14, Edi Nurhadiyanto, didampingi Koordinator Cepat Tanggap Baznas Ahmad Fikri mencoba arung jeram di kawasan kali Ciliwung Kebogerang.

Selain wisata arung kebogerang, Edi berharap di pinggir Kali Ciliwung disiapkan jogging track yang bisa dinikmati warga Depok menikmati keindahan sungai dan udara yang masih segar.

“Tentunya akan menjadi daya tarik tersendiri bagi wisata di Kota Depok jika bantaran kali dikelola dengan baik sebagai wilayah eko wisata”, tambah Edi.

Sementara itu, Ahmad Fikri, Koordinator Cepat Tanggap Bencana Baznas menyampaikan bahwa organisasinya sangat peduli terhadap Kegiatan seperti ini.

“Di Depok sendiri sudah ada yang ikut pelatihan Baznas dalam rangka tanggap bencana,”  lanjut Fikri seraya mengungkapkan bahwa dalam acara kali ini personel yang diturunkan Baznas 4 perahu karet dan 2 Mobil hilux.

Warga dan relawan Komunitas Ciliwung Depok usai menggelar aksi bebersih di Kali Ciliwung, Ahad 26 Februari 2017.

Acara Bebersih Ciliwung kali ini turut dihadiri oleh  DKP Kota Depok, Danramil Kecamatan Beji, Lurah Kemiri muka, Ketua LPM kemirimuka, Ketua RW di kelurahan kemirimuka, karang taruna dan Ibu PKK.

Acara ini juga berlangsung sekaligus untuk memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) yang jatuh pada hari Selasa, 21 Februari 2017.