Ketua DPC PKS Cipayung secara simbolis menyerahkan bibit tanaman kepada Ketua RT.04 RW.03 Kampung Bojong Pulo

DepokNews — Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kota Depok menyelenggarakan Kemah Bakti Nusantara Saba Desa yang diikuti ribuan kader PKS Kota Depok. Kegiatan Kemah Bakti Nusantara Saba Desa meliputi agenda internal yang dipusatkan di Bumi Perkemahan Cibubur, Jumat – Ahad (8 – 10/12/2017) dan agenda sosial dengan melibatkan masyarakat luas dengan berbagai program pelayanan sosial yang diadakan di lokasi pada lebih dari 11 titik yang tersebar di seluruh kecamatan se Kota Depok. Acara Saba Desa digelar serentak pada Ahad (10/12/2017).

Pelayanan kesehatan

Seperti kegiatan Saba Desa di Kecamatan Cipayung yang berlokasi di RT.04 RT.03 Kampung Bojong Pulo
Kelurahan Bojong Pondok Terong. Kegiatan ini disambut antusias oleh masyarakat dan mendapat dukungan tokoh-tokoh setempat. Jenis kegiatan Saba Desa di Cipayung meliputi pemeriksaan kesehatan, terapi tradisional dan pembagian bibit aneka tanaman. Kegiatan pelayanan terapi tradisional dilakukan bekerjasama dengan Yayasan Pemberdayaan Pemuda Indonesia (YPPI).

Ketua RT.04 RW.03 Kampung Bojong Pulo Kelurahan Bojong Pondok Terong, Muslim mengatakan, warga yang mendaftarkan diri untuk dapat pelayanan kesehatan dan terapi mencapai 50 orang.

“Atas nama warga Kampung Bojong Pulo, saya mengucapkan terima kasih kepada PKS dan YPPI yang telah memberikan pelayanan kesehatan serta pembagian bibit tanaman kepada warga kami. Saya berharap program PKS untuk membantu warga akan terus berkesinambungan, dan saya berharap dengan program terapi yang diprakrsai YPPI RT.04 akan menjadi pelopor RT sehat tanpa obat,” kata Muslim.

Terapi

Hal senada dikatakan, Ketua DPC PKS Cipayung yang belum lama terpilih, Wiji Aji Kusuma dalam sambutannya juga mengucapkan terima kasih kepada masyarakat serta para kader PKS atas kerjasmaanya sehingga program Saba Desa berjalan lancar.

“Saba Desa, saba artinya mengunjungi, jadi dalam kegiatan ini kami sebagai kader PKS mengujungi masyarakat untuk mempererat tali silaturahim sekaligus melaksanakan aksi soial,” kata Bang Aji panggilan akrab Wiji Aji Kusuma.

Sedangkan Ketua Yayasan Pemberdayaan Pemuda Indonesia, Hartoni yang memimpin pelayanan terapi menjelaskan, keberadaan YPPI di Kota Depok untuk membantu generasi muda Kota Depok yang putus sekolah atau yang sudah lulus sekolah dengan program akuntasi, untuk dilatih ketrampilannya dan disalurkan untuk bekerja pada berbagai perusahaan.

“YPPI memberikan pelatihan sebagai terapi dan bagi yang sudah lulus SMK jurusan akuntasi namun belum bekerja kami siap untuk melatih sekaligus membantu menyalurkan bekerja dan semua itu gratis,” kata Hartoni.

Pelaksaan Saba Desa di Cipayung berjalan lancar, warga yang minta diterapi antri secara tertib, bahkan ada warga yang usinya sudah 92 tahun ikut minta diterapi dan dari raut wajahnya tampak bahagia saat menjalani terapi tersebut.

“Teman-teman sebaya saya sudah pada tidak ada, tinggal saya, badan saya sering sakit-sakitan, saya senang mendapat terapi ini, mudah-mudahan badan saya jadi sehat,” katanya setelah menyebutkan berbagai keluhannya terkait kesehatannya.