DepokNews- Memasuki musim penghujan, Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Puskesmas Sukatani kembali melakukan pemeriksaan jentik berkala. Salah satunya di RT 02 RW 06 pada awal pekan kemarin. 

Kepala UPTD Puskesmas Sukatani, Rika Astiti menuturkan, pihaknya bersama para kader posyandu memeriksa semua wadah, tempat yang menampung air atau yang berpotensi menampung air. Antara lain bak kamar mandi, dispenser, penampungan air di belakang kulkas, penampungan air AC, dan tempat minum hewan peliharaan di rumah.

“Kemudian di luar rumah di antaranya pot tanaman, talang air, sampah di sekitar rumah yang menampung air hujan,” tuturnya, Jumat (12/02/21).

Lanjut dia, jika ditemukan jentik segera dilakukan pengurasan. Lalu, bila wadah sulit dibersihkan karena terlalu besar atau sulit dijangkau seperti talang air, maka bisa ditaburkan abate.

“Bubuk abate bisa didapat di kader-kader posyandu. Upaya ini kami lakukan untuk mencegah penyakit demam berdarah dengue (DBD) di musim hujan,” tegasnya.

Dirinya mengatakan, pihaknya juga menyelipkan kegiatan penyuluhan tentang 5 M dan praktik Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS). Sambungnya, 5 M ialah memakai masker, mencuci tangan pakai sabun dan air mengalir, menjaga jarak, menjauhi kerumunan serta membatasi mobilisasi dan interaksi.

“Semoga dengan upaya yang dilakukan dapat meningkatkan kesehatan warga Sukatani,” pungkasnya.