Wali Kota Depok Mohammad Idris saat menyampaikan tausiah pada Youtube pribadi Mohammad Idris. (Foto: Istimewa)

DepokNews – Wali Kota Depok, Mohammad Idris mengatakan, Rasulullah SAW bersabda, barang siapa yang salat pada malam lailatul qadar karena iman dan mengharap pahala dari Allah SWT, maka akan diampuni dosa-dosa yang telah lalu. Dalam ayat yang dibacakannya, dijelaskan bahwa satu malam lebih baik dari 1000 bulan atau 83 tahun.

“Al Qur’an nur karim diturunkan pada malam lailatul qadar sebagaimana dalam ayat tersebut. Sementara Al Qur’an dalam ayat yang lain yaitu Surat Al Baqarah, diturunkan dalam Bulan Ramadan. Artinya bahwa lailatul qadar terjadi pada malam-malam bulan Ramadan,” tuturnya saat memberi tausiah Ramadan melalui kanal Youtube pribadinya, Sabtu (08/05/21).

Dirinya menjelaskan, para ulama berpendapat waktu terjadinya malam lailatul qadar pada 10 malam terakhir di bulan Ramadan. Namun, imbuhnya, ada juga yang mengatakan terjadi pada malam ke-21, 23, 25 dan 29. 

“Tetapi mayoritas ulama mengatakan bahwa lailatul qadar terjadi pada malam ke-27,” jelasnya.

Mohammad Idris menuturkan, para ulama yang berpendapat demikian, mengambil beberapa hadist Rasulullah SAW yang sanadnya shahih. Misalnya, sebuah hadist dari sabahat Abdullah Ibnu Umar, bahwa Rasulullah SAW bersabda, barang siapa yang ingin berjaga-jaga malam lailatul qadar, maka berjagalah pada malam ke-27.

“Sahabat Ubay Bin Ka’ab berkata, demi Allah sesungguhnya malam lailatul qadar itu jatuh di bulan Ramadan yaitu malam ke-27,” katanya.

Dirinya menjelaskan, tentunya ini merupakan pengalaman spiritual para sahabat Rasulullah SAW. Hingga beliau mengatakan di antara tanda-tandanya adalah terbitnya matahari di hari itu jernih dan putih tanpa sinar yang kuat.

“Namun tidak ada kepastian tentunya malam lailatul qadar terjadi pada malam ke berapa. Semua itu agar kita hamba-hamba Allah yang sedang beribadah dan melaksanakan puasa, selalu istiqomah dan aktif melaksanakan berbagai jenis ibadah di bulan Ramadan. Dengan harapan, setiap malam kita beribadah di bulan Ramadan pasti kita akan mendapatkan malam lailatul qadar, khususnya pada 10 malam terakhir,” tandasnya. 

Sumber : depok.go.id