Masjid Bisa Ikut Kawal Program Pemkot Depok

Posted on 7 views

Depoknews — Keberadaan masjid selain untuk ibadah, bisa juga menjadi sarana kebaikan lainnya. Salah satunya menjadi tempat kegiatan positif bagi warga untuk mendukung suksesnya program Pemkot Depok, seperti dilansir depok.go.id

“Masjid mempunyai fungsi dan peran terhadap kegiatan membangun masyarakat, sesuai ajaran agama Islam,” jelas Wali Kota Depok, Mohammad Idris saat peresmian Masjid Assyakur Pesona Khayangan Mungil 1, Sabtu (11/02/2017).

Mohammad Idris mengajak, masyarakat agar memahami makna dan fungsi dari membangun sebuah masjid, sehingga tidak terjadi fenomena masjid sepi jemaah. Karena itu, dengan meramaikan masjid lewat kegiatan positif dan bermanfaat, diharapkan menjadi amal baik bagi seseorang.

“Kalau sebuah bangunan yang kita buat berdampak positif, ini menjadi bagian dari amal jariah, ” tegasnya.

Menurutnya, fenomena keberadaan masjid yang terjadi saat ini, tidak mengadakan kegiatan yang sifatnya substansif atau pengembangan sumber daya manusia. Padahal, berdasarkan Alquran dan pengalaman, masjid mempunyai fungsi sebagai tempat ibadah serta menjadi tempat mengembangkan sumber daya manusia. Fungsi dan peranan masjid seperti ini akan menghasilkan sumber daya manusia yang bagus. Sehingga keberadaan masjid akan dirasakan manfaatnya oleh umat.

“Fungsi lain masjid sebagai pengikat silaturahmi antar warga,” jelasnya.

Melalui sebuah media atau tempat yang suci ini, kata Mohammad Idris, bisa membantu program pemerintah sesuai visi Kota Depok yaitu menjadikan Depok sebagai kota yang unggul, nyaman, dan religius.

Saat ini, kata Mohammad Idris, Pemerintah Kota Depok juga sedang melakukan seleksi untuk pembimbing rohani dari semua agama yang diakui di Indonesia. Setiap kelurahan setidaknya memiliki 200 personel petugas.

Sedangkan terkait pelayanan pemerintahan, ia berharap kepada para tokoh masyarakat di Kelurahan Mekarjaya untuk mendukung program Sistem Pelayanan Online Kelurahan (SIP OKE) yang digagas oleh Lurah Mekar Jaya. Dengan sistem ini, diharapkan makin memudahkan warga dalam mengakses layanan pemerintahan di Kota Depok.

“Sistem ini rencananya akan kita launching saat HUT Kota Depok,” tambahnya.

Selain membuat sistem pelayanan yang baik, lanjut Mohammad Idris, Pemkot Depok juga sedang mematangkan rencana pembangunan alun-alun. Pemerintah saat ini sedang mengupayakan mencari lahan untuk membangun alun-alun di tengah Kota Depok. Menurutnya, ini sudah dianggarkan, termasuk untuk pengadaan tanah dan pembangunan fisiknya.

“Kita akan membuat kompetisi untuk membuat desain alun-alun Kota Depok,” pungkasnya.