DepokNew–Kapolres Metro Depok Kombes Pol Imran Edwin Siregar bersama Dandim 0508/Depok Kolonel Inf Agus Isrok Mikraj sidak di sejumlah pasar di Depok. Antara lain Pasar Depok Jaya dan Pasar Lama Dewi Sartika. Disana petugas menemukan masih banyak warga yang tidak memakai masker. Rata-rata warga mengaku lupa mengenakan masker dan berdalih hanya sebentar keluar rumah. “Kita membagikan masker bersinergi dengan TNI menyasar pasar-pasar karena masih ada yang tidak patuh prokes misalnya memakai masker. Kita bagikan masker untuk pengunjung dan pedagang pasar,” katanya, Selasa (2/2/2021).

Dari hasil sidak ditemui masih ada pengunjung dan pedagang yang tidak memakai masker. Ketika ditanya mereka beralasan lupa. Padahal memakai masker adalah aturan yang harus dipatuhi. “Ya alasan mereka lupa. Kita tidak segan mengingatkan dan meminta agar mereka juga jangan abai prokes,” tegasnya.

Pasar menjadi sasaran karena disana tempat banyak orang bertemu dari pagi sampai malam. Prokes di pasar kerap diabaikan sehingga mereka harus terus diingatkan. “Di pasar cenderung mengabaikan penggunaan masker. Disana tempat berkumpul dari malam, pagi sampai siang. Kalau mal ada batasnya (jam operasional),” paparnya.

Pihaknya bersama TNI akan rutin menggelar sidak di sejumlah pasar selama sepekan. Dengan harapan warga tetap patuh menerapkan prokes. “Jangan sampai abai karena kesadaran warga juga menjadi kunci memutus mata rantai,” pungkasnya. R ratna purnama