DepokNews—Untuk mengenalkan para guru dan lingkungan sekolah pada siswa baru, seperti tahun-tahun sebelumnya SDIT MIFTAHUL ULUM (SDIT MU) yang beralamat di Jl. Musholla At-Taqwa No.100, Gandul, Kec. Cinere, Kota Depok, Jawa Barat menggelar Orientasi Siswa Baru (OSBA).

Namun OSBA tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, karena masih dalam kondisi pandemi covid-19, OSBA di SDIT MU dilakukan seacara virtual. Kegiatan OSBA virtual ini berlangsung selama dua hari, Rabu – Kamis (8 s/d 9 Juli 2020).

Ketua Panita Nurul Huda menjelaskan, tujuan kegiatan OSBA tersebut untuk memperkenalkan siwa degan pimpinan sekolah serta para guru yang akan mengajar kelas satu.Kegiatan ini juga untuk membantu siswa baru beradaptasi dengan lingkungan sekolah dan sekitarnya, antara lain terhadap aspek keamanan, fasilitas umum, dan sarana prasarana sekolah.

“OSBA virtual ini kami adakan selama dua hari dengan durasi hari pertama dan kedua masing-masing satu setengah jam. Meski diadakan secara virtal namun banyak kegiatan yang kami lakukan dan diikuti seluruh siswa baru melaui zoom. Salah satu kegiatan kami memperkenalkan semua guru-guru yang akan mengajar kelas satu, memperkenalkan berbagai fasilitas sekolah, profil sekolah, menampilkan opera yang menggambarkan semangat siswa baru untuk belajar dan berbagai kegiatan lainnya.

OSBA virtual ini mengambil tema “KAMSAHAMNIDA-MU” (Kreatifitas, Mandiri, Bersahabat dan Bermain di Miftahul Ulum) diikuti lebih dari seratus siswa baru yang berhasil di terima pada tahun ajaran 2020/2021.

Saat berlangsungnya OSBA virtual ini masing – masing guru wali kelas membimbinb para siswa melalui zoom. Ada beberapa tugas yang harus dikerjakan siswa yang nantinya akan ada penilaian dan hadiah bagi siswa yang kreatif dan cepat selesai mengerjakan tugasnya.

Kepala Sekolah SDIT MU, Dedi Susanto dalam sambutannya memberikan motivasi pada anak-anak untuk mandiri dan bersemangat dalam belajar.
“Kalian semua saat ini sudah besar, bukan siswa TK lagi jadi harus lebih mandiri berbeda saat masih duduk di bangku TK dulu,” kata Dedi Susanto.

Saya berpesan kepada kalian, lanjut Dedi Susanto, yang pertama, bangun lebih pagi, untuk anak laki-laki ikut ayahnya sholat subuhnya berjamaah di masjid atau mushola. Yang ke dua, mandi pagi lebih awal, sarapan pagi dan mempersiapkan sendiri peralatan sekolahnya.

Dedi Susanto juga menjelaskan, jika sudah tidak ada wabah dan kegiatan belajar mengajar berlangsung di sekolah nantinya belajar bukan hanya di ruang kelas namun juga di luar kelas karena SDIT MU mempunyai banyak fasilitas untuk menunjang kreatifitas.

“Di SDIT MU ini ada 14 kegiatan ekstra kurikuler, 10 diantaranya ekstra kurikuler wajib. Saya berharap kalin bisa belajar, berkreatifitas, ,mengembangkan bakat dengan suasana yang riang gembira, belajar sambil bermain” tambah Dedi Susanto.

Dedi Susanto berharap pandemi covid-19 segera berakhir dan para siswa bisa belajar di sekolah seperti masa sebelum pandemic.
“Selamat datang, selamat belajar, kita luruskan niat dalam menimba ilmu, iklas untuk mencari Ridho Allah SWT,” pungkas Dedi Susanto.