DepokNews–Ribuan peserta mengikuti lomba lari maraton Depok 10K yang digelar Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Depok bersama Pemerintah Kota (Pemkot) di kawasan Jalan Margonda Raya, Minggu (10/11/2019) pagi. Lomba lari tersebut diikuti sekitar 5.890 peserta, terbagi dalam tiga kategori antara lain 10K, 5K dan 3K yang terdiri dari atlet nasional, pelajar, dan masyarakat. Peserta lomba lari tersebut dilepas langsung oleh Walikota Depok Mohammad Idris. Acara ini berlangsung suskes dengan banyaknya peserta dan berjalan tertib dan teratur.

Ketua KONI Kota Depok, Amri Yusra mengatakan, adanya peningkatan jumlah peserta di tahun 2016 sebesar 4.486 orang, membawa angin segar tersendiri bagi KONI Kota Depok. Sebab, animo masyarakat yang begitu besar ini diharapkan dapat menguatkan persatuan dan kebersamaan masyarakat Kota Depok.

“Melalui lari ini kita semua menyatu, tidak ada sekat yang menghalangi. Olahraga ini menyatukan kita semua,” ujar Amri Yusra, usai melepas peserta lari maraton Depok 10K, Lapangan Balai Kota Depok.

Lebih lanjut, ucapnya, rute yang dilalui para peserta untuk Fun Run 3K mulai dari Balai Kota Depok, kemudian menuju lampu merah pertigaan Ramanda memutar balik ke arah Bank BJB. Berbeda dengan rute 5K yang mengambil rute menuju D’Mall lalu memutar di Pesona Khayangan ke arah Bank BJB, berakhir di Balai Kota Depok.

“Untuk kategori 10K mulai dari Balai Kota Depok terus sampai putaran balik Universitas Indonesia (UI). Kemudian langsung menuju titik akhir kembali ke Balai Kota Depok,” jelasnya.

Dirinya menambahkan, event seperti ini merupakan salah satu ajang melihat potensi dari bibit unggul warga Depok yang mempunyai kemampuan lari maraton. Dengan begitu, nantinya mereka bisa dibina agar menjadi atlet yang membawa harum Kota Depok di tingkat provinsi, nasional, hingga internasional.

“Semoga dengan gelaran Depok 10K ini yang salah satunya untuk memperingati Hari Pahlawan bisa membawa semangat para pejuang agar senantiasa menjadi pahlawan minimal bagi dirinya sendiri,” tandasnya.

Ketua Panitia Pelaksana Herry Suprianto, menambahkan lomba lari marathon Depok 10 K menjadi kegiatan ke dua setelah dilaksanakan tahun 2016 lalu yang dimulai dari depan Balaikota, Jl. Raya Margonda, Bundaran UI Depok kembali ke Jl. Raya Margonda dan finis di halaman Balaikota Depok.

Jumlah peserta hingga daftar akhir pendafataran mencapai lebih dari 5.800 peserta dengan rincian kategori 10K sejumlah 424 orang, kategori 10K Master 150 orang, kategori 5K sejumlah 650 orang, kategori 3K sejumlah 78 orang dan free slot sejumlah 48 orang.

“Untuk peserta tidak berbayar, yaitu kategori SMA/K sejumlah 2.671 orang, kategori SMP sejumlah 1.374 orang, dan kategori 3K sejumlah 304 orang,” imbuhnya.