Kepala Disnaker Kota Depok

DepokNews– Sebanyak 2.522 pekerja yang dirumahkan dan terkena PHK akibat pandemi Covid-19 beberapa waktu yang lalu diusulkan oleh Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Depok untuk diikutsertakan dalam Program Kartu Prakerja kepada pemerintah pusat.

Kepala Disnaker Kota Depok, Manto mengatakan usulan ini merupakan bentuk komitmen Pemkot Depok untuk membantu mereka yang terdampak pada saat Covid-19.

“Dalam Program Kartu Prakerja tahap empat, kami ajukan usulan kurang lebih 2.522 pekerja terdampak Covid-19 dari 127 perusahaan di Kota Depok. 374 orang merupakan pekerja yang ter-PHK, sisanya pekerja yang dirumahkan. Nantinya, data ini akan diverifikasi lagi oleh Kementerian Ketenagakerjaan RI,” ujar di ruang kerjanya, Jumat (14/08/20).

Dikatakannya, untuk tahap empat ini, pemerintah pusat akan mengutamakan daerah yang telah mengusulkan. Hal ini berdasarkan evaluasi dari tahapan sebelumnya.

“Memang sempat terhenti, karena pemerintah pusat sedang mengevaluasi. Usulan masing-masing daerah akan jadi prioritas pada tahap ke empat ini, dalam Program Kartu Prakerja,” terangnya.

Dirinya berharap, pekerja yang telah diusulkan masing-masing daerah, bisa mendapatkan haknya. Sebagaimana yang tercantum dalam program tersebut bahwa Kartu Prakerja diperuntukkan bagi pencari kerja, pekerja ter-PHK dan pekerja yang membutuhkan peningkatan kompetensi.

“Mudah-mudahan pekerja terdampak ekonomi, khususnya di Kota Depok, bisa mendapatkan haknya. Dengan begitu bisa meningkatkan kompetensi dan mendapatkan insentif sesuai kemampuannya,” tutupnya