Depok, Jawa Barat, Musyawarah Daerah (Musda) Ikatan Cendekiawan Muslim se-Indonesia (ICMI) Orda Kota Depok yang digelar Sabtu, 10 Oktober 2020, di aula Kampus STEI SEBI, menetapkan Nurhadi MM sebagai Ketua ICMI Orda Depok periode 2020-2025.

Nurhadi adalah sosok yang tidak asing lagi kiprahnya di Kota Depok, karena sebelumnya pernah menjabat sebagai komisioner KPU Kota Depok.

Musda yang juga dihadiri oleh Ketua ICMI Orwil Jawa Barat Prof. Dr. HM Najib, Pjs Ketua ICMI Depok H. Minda, S.IP dan Pjs Sekretaris H. Mulyadi, S.Pdi, M.Si mengambil tema  “Mengokohkan Peran ICMI dalam Membangun Kota Depok”.

Menurut Nurhadi, tema tersebut menegaskan bahwa ICMI Kota Depok harus berperan aktif dalam memberi kontribusi positif bagi pembangunan Kota Depok.

“Jadi menghadapi tantangan masa depan dan permasalahan masyarakat, para cendekiawan muslim tidak boleh berdiam diri. Cendekiawan muslim harus berbuat dengan program yang menyentuh langsung dan bisa dirasakan masyarakat,” ujar Nurhadi.

Cendekiawan muslim, lanjut Nurhadi, harus menjadikan iman dan takwa menjadi landasan dalam peran aktifnya berkolaborasi dan bersinergi dengan pemerintah Kota Depok serta berbagai elemen masyarakat dan organisasi di Kota Depok.

Program ICMI Kota Depok ke depan tentu sejalan dengan apa yang menjadi perhatian dalam Sasaran Pembangunan Berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDG’s) secara nasional maupun pemerintah Kota Depok.

“ICMI Kota Depok akan berperan aktif dalam mencerdaskan masyarakat melalui bidang pendidikan, pengembangan teknologi dan inovasi 4.0, kesehatan dan kesejahteraan, lingkungan hidup, hukum dan pemberantasan korupsi, ketahanan pangan, seni budaya, bahkan pengembangan demokrasi,” tutur Nurhadi.

Selain menetapkan Nurhadi MM sebagai ketua, Musda juga menetapkan susunan kepengurusan yang antara lain dijabat oleh Heru Wahyono, SH, MH; Suwanto Lc, M.Pd; drg. A’an Mi’dad; Dipl-ing Agus Dwi Cahyono; Ahmad Baihaki, SE, M.Ak; Dr. Budi Nugroho; Dr. Belyamin, M.Sc; Sumarno, SH, MH dan lainnya.

ICMI Netral Hadapi Pilkada

Khusus menghadapi Pilkada Kota Depok, Nurhadi yang pernah menjadi komisioner KPU Depok mengatakan, ICMI akan tetap menjaga netralitas dan mendorong terselenggaranya Pilkada yang berkualitas dan berintegritas.

“Kita berharap para aktor Pilkada bisa menjaga situasi yang kondusif. Penyelenggara menjaga integritas. Para calon dan masyarakat juga menjaga persatuan dan suasana yang aman. Kami sebagai organisasi cendekiawan dan bagian dari masyarakat akan mengawasi dan mengawal kualitas dan integritas dalam setiap tahapan Pilkada,” pungkas Nurhadi.