Manisnya Jualan Es Kelapa Pada Ramadhan

Posted on

DepokNews — Es kelapa salah satu menu yang banyak disukai sebagai menu berbuka puasa saat Ramadhan. Hal ini menjadikan permintaan kelapa muda meningkat tajam saat bulan puasa seperti sekarang ini, kelapa muda laris manis.

 
Banyak terlihat di beberapa tempat penjualan kelapa ramai dikunjungi oleh pembeli. Bahkan, penjual kelapa musiman juga banyak bermunculan memanfaatkan momen Ramadan.
“Walau banyak pedagang dadakan kelapa muda bermunculan, itu tidak mengurangi omset penjualan, malahan naik drastis dari hari biasa, ” kata Saiyah, salah seorang pedagang kelapa muda di Sawangan, Ahad (25/5/2017).

 
Ia mengatakan, pada awal Ramadan permintaan kelapa muda meningkat sehingga omsetnya naik dibandingkan hari biasa. Awalnya dia hanya menjual 100 buah kelapa namun sekarang dirinya bisa memasok lebih dari 150 buah.

 
“Kini kelapa bisa terjual sekitar 150 buah dengan harga per-bungkus 5 ribu rupiah. Jika kelapa kupas maka harganya per buah 10 ribu rupiah,” tambahnya.

 
Hal senada dikatakan Lestari, salah seorang pedagang dadakan di wilayah Parung Bingung, dia mengaku omset penjualannya ikut meningkat. Dalam sehari, ia mengaku bisa meraup keuntungan hingga 800 ribu rupiah.

 
“Walaupun saat ini harga kelapa naik, tapi ramai saja dan banyak kok permintaannya,” ungkapnya. Dia meyakini, penjualan kelapa muda akan terus meningkat hingga jelang lebaran yang akan datang.

 
“Berkah Ramadan sangat luar biasa. Kami berharap, hasil penjualan ini bisa menutupi kebutuhan ekonomi hingga Lebaran,” ucapnya kembali.

 
Sementara itu, Hafidz, salah seorang pembeli mengatakan kelapa muda merupakan menu wajib untuk berbuka puasa, hampir setiap hari ia membeli kelapa muda.
“Air kelapa muda yang manis biasa saya olah untuk menjadi minuman segar sedangkan daging buah kelapa dijadikan bahan untuk es campur,” ujar Hafidz.

 
Menurut dia, manfaat lain air kelapa yakni berguna juga untuk kesehatan, terutama melepas kelelahan saat bekerja dan memberikan stamina setelah seharian berpuasa.
Buah kelapa muda bisa dicampur dengan gula merah atau sirup dan es batu, tentunya membawa kenikmatan yang tersendiri. (media)