Foto: Ilustrasi

Manfaat Minum Kopi Sebelum Olahraga

Posted on 26 views
DepokNews — Bila dikonsumsi dengan jumlah yang tepat, kopi disebut-sebut dapat mencegah penyakit seperti penyakit jantung dan stroke, membantu mengatasi migrain, dan membuat tubuh lebih berenergi.Tak hanya itu, kopi rupanya juga baik bagi kesehatan jika dikonsumsi sebelum olahraga. Banyak orang membiasakan minum kopi sebelum olahraga dengan alasan untuk mendapatkan stamina lebih.Selain manfaat semua itu, terdapat manfaat lain yang akan Anda dapatkan jika minum kopi sebelum olahraga di antaranya

Kafein dalam kopi bekerja memengaruhi bagian otak yang mengatur rasa nyeri sehingga dapat mengurangi sensasi nyeri yang dirasakan saat berolahraga. Kafein dapat mengurangi nyeri otot hingga 50%.

Inilah sebabnya pakar kesehatan olahraga lebih menyarankan atlet atau penggemar olahraga untuk minum kopi dibandingkan minum minuman berenergi lainnya sebelum olahraga.

dr. Sofyan mengatakan bahwa minum kopi dapat membantu meningkatkan ketahanan tubuh sehingga tidak cepat lelah ketika olahraga. Minum kopi memungkinkan Anda melakukan olahraga lebih lama dari yang biasanya.

“Sebenarnya manfaat ini berhubungan dengan manfaat kopi lainnya. Bila Anda minum kopi sebelum olahraga, Anda tidak akan mudah lelah dan lebih jarang mengalami nyeri otot, sehingga dapat melakukan olahraga lebih lama. Dengan demikian, kalori yang dibakar pun akan lebih banyak,” ungkapnya.

Supaya mendapatkan hasil yang maksimal hindari penambahan krimer, susu, maupun gula ke dalam cangkir kopi. Selain itu, Anda tetap wajib minum air putih setelah olahraga untuk mencegah dehidrasi.

Ternyata minum kopi sebelum olahraga memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Akan tetapi, sebaiknya lakukan hal tersebut satu jam sebelumnya. “Pasalnya, kafein akan diserap dengan cepat oleh tubuh sekitar 30-45 menit setelah dikonsumsi dan kadarnya akan mencapai puncak dalam jangka waktu satu jam,” tutupnya menyarankan.