DepokNews-Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Depok, akan meningkatkan infrastruktur berupa penambahan monitor LED dan server. Guna memaksimalkan ruang kendaliKota Depok atau Depok City Operation Room (DCOR).

Kepala Diskominfo Kota Depok, Sidik Mulyono menjelaskan, pembangunan DCOR terdiri dari dua tahap. Tahap pertama berupa pemenuhan infrastruktur dasar, sedangkan untuk tahap kedua akan difokuskan pada peningkatan perangkat teknologi yang digunakan. Sedangkan tahap kedua, akan memperbesar layar displai dan menambah server. Untuk layar displai saat ini ada 12 unit monitor LED, tahun ini akan ditambah enam unit lagi. 

“Untuk server, kita akan memadukan seluruh server dari berbagai Perangkat Daerah (PD) di DCOR,” jelas Sidik usai peresmian DCOR di lantai 5, Gedung Balai Kota Depok, Rabu (23/01/19).

Saat ini, sambung Sidik, infrastruktur yang tersedia di antaranya layar displai ukuran 43 inch sebanyak 12 unit, server, perangkat komputer, perangkat audio dan video, perangkat jaringan, dan pemasangan CCTV di sekitar lingkungan Pemkot Depok. Selain itu, terdapat juga ruang tunggu, ruang rapat, ruang kendali, dan ruang istirahat.

Ruang kendali ini dioperasikkan oleh 12 operator. Terdiri dari empat operator panggilan darurat 112, satu operator Satpol PP, satu operator Dinas Perhubungan (Dishub), satu operator Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan, satu operator pengelola informasi, dua operator pelayanan 119, dan dua orang operator Call Center.

Dirinya berharap, pada pembangunan tahap kedua, seluruh layanan berbasis teknologi informasi (TI) di berbagai Perangkat Daerah (PD) dapat dipadukan dalam DCOR. 
“Semua itu, guna mempercepat dan mempermudah penanganan berbagai permasalah yang dilaporkan oleh masyarakat,” tandasnya.(mia)