Majlis Ilmu dan Zikir Ramadhan

Posted on

 Oleh : Wali Kota Depok, KH. Dr. Mohammad Idris, MA.

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: “مَا اجْتَمَعَ قَوْمٌ فِي بَيْتٍ مِنْ بُيُوتِ اللهِ يَتْلُونَ كِتَابَ اللهِ  وَيَتَدَارَسُونَهُ بَيْنَهُمْ إِلاَّ نَزَلَتْ عَلَيْهِمْ السَّكِينَةُ وَغَشِيَتْهُمُ الرَّحْمَةُ وَحَفَتْهُمُ الْمَلاَئِكَةُ وَذَكَرَهُمُ اللهُ فَيمَنْ عِنْدَهُ” رَوَاهُ مُسْلِمٌ

Artinya: Dari Abu Hurairah r.a berkata: Rasulullah saw bersabda: “Tidaklah suatu kaum berkumpul di sebuah rumah Allah, mereka membaca al-Qur’an dan mempelajarinya diantara mereka, kecuali akan turun ketenangan kepada mereka, dipenuhi rahmat dan dikelilingi para malaikat serta Allah (dengan bangga) menyebut mereka kepada makhluk-makhlukNya yang berada di sisiNya (H.R Muslim).

karena mulianya berkumpul di rumah Allah, tingginya nilai membaca dan mempelajari kitab Allah, berharganya kedudukan tahlil, tahmid dan tasbih di hadapan Allah; karena itulah Allah SWT tidak segan-segan memberikan bonus pahala dan hadiah ganjaran yang sangat mulia, tinggi dan berharga. Hadiah dan Pahala tersebut antara lain: ketenangan jiwa dan ketentraman hati; siapa yang tidak menginginkan ketenangan dan ketentraman ? tentunya setiap kita menginginkannya.

Hadiah dari Allah yang lain: menambah cucuran rahmat Allah SWT kepada mereka; tanpa bonus itupun sebenarnya sudah demikian banyak dan melimpah rahmat Allah yang diberikan kepada kita, antara lain kemudahan melangkah ke tempat ini untuk suatu kebajikan; kalaulah bukan karena rahmat Allah, maka akan sulit rasanya kita menghadiri majlis ini.

Selanjutnya para malaikat mengelilingi orang-orang yang suka berkumpul di rumah Allah dan mempelajari al-Qur’an, mereka berkeliling mengitari kita untuk memberikan bantuan dan jaminan keamanan pada dirinya.  pahala terbesar dari itu semua adalah: kebanggaan Allah terhadap kita di hadapan para malaikat dan makhluk lainnya di sisi Allah SWT