Pimpinan Majelis Ta'lim Taman Syurga Ustadzah bersama para jamaah

DepokNews — Majelis Ta’lim Taman Syurga menggelar Tarhib Ramadhan. Kegiatan tersebut berlangsung di Masjid Almuhajirin Komplek Perindustrian, Jalan Industri Mesin Cimangggis Depok, Sabtu (28/4/2018).

Pemberian santunan anak yatim

Kegiatan tersebut mengambil tema : Ramadhan, Fondasi Menuju Khoiro Umat. Pimpinan Majelis Ta’lim Taman Syurga Ustadzah, Hj. Indra Asih menjelaskan, Tarhib Ramadhan rutin diadakan rutin setiap tahun menjelang Ramadhan dengan tempat dan kepanitian bergiliran dari kelompok pengajian Majelis Ta’lim Taman Syurga

“Peserta kegiatan ini merupakan kumpulan pengajian pekanan. Ada 12 kelompok pengajian, setiap kelompok anggotanya lebih kurang 20 peserta. Pada Tarhib Ramadhan tersebut selain diisi materi ceramah agama, masing-masing kelompok pengajian menampilakn video profil kelompok pengajian masing-masing. Pada acara ini juga diadakan santunan lima puluh anak yatim yang bekerjasama dengan LAZ Zakat Sukses,” kata Ustadzah Hj. Indra Asih.

Dalam kegiatan ini menghadirkan dua penceramah, Ustad Zainul Hakim dan yang kedua Pimpinan Majelis Ta’lim Taman Syurga Ustadzah, Hj. Indra Asih.

Dalam ceramahnya Ustad Zainul Hakim menjelaskan bagaimana seorang muslim mempersiapkan diri secara maksimal dalam memasuki bulan suci Ramadhan. Menurut Ustad Zainul Hakim, ada tigal hal yang harus dipersiapkan yaitu, persiapan mental, persiapan spiritul atau ruhiyah dan persiapan ilmu.

“Persiapan mental, motivasi dan semangat yang kuat untuk mengisi ramadhan dengan ibadah sesuai yang dicontohkan oleh Rosulullah dan para sahabat. Persiapan ruhiyah dengan melaksanakan berbagai ibadah, seperti puasa sunah, membaca alquran, berdzikir dan sebagainya. Persiapan ilmu dengan dengan mempelajari fiqih puasa,” jelas Ustad Zainul Hakim.

Sedangkan Ustadzah, Hj. Indra Asih dalam cerahmahnya menjelaskan Tsaqofah Islamiyah atau konsep pemikiran dan pandangan hidup berdasarkan ajaran/aqidah Islam. Salah satunya tentang niat.

“Dalam melakukan amal sholeh atau ibadah kalau niatnya benar, semata-mata mencari rodho Allah SWT, maka akan timbul kekuatan atau motivasi, namun jika niatnya tidak benar maka bisa putus ditengah jalan,” jelas Ustadzah, Hj. Indra Asih.