Doktor Siti Sadiah mendapat ucapan selamat dari tim penguji

DepokNews–Siti Sadiah, mahasiwa program Doktor Teknologi Informasi Universitas Gunadarma yang pernah menjadi asisten apoteker pada sebuah Apotek di Jakarta berhasil menemukan Aplikasi Kamus Obat. Temuan tersebut mengantarkan Siti Saidah berhak menyandang gelar Doktor Teknologi Informasi setelah dinyatakan lulus dengan predikat sangat memuaskan dalam sidang terbuka promosi Doktor Teknologi Informasi di Kampus D Universitas Gunadarma Jalan Margonda Raya Depok, Selasa (13/11/2018).

Dalam sidang terbuka tersebut salah satu tim penguji meminta agar Siti Saidah mendemontrasikan aplikasi kamus obat tersbut dengan memasukan salah satu nama obat. Lalu Siti Saidah mengetik nama obat yang mengandung kata sulfat, dan aplikasi tersbeut menampilkan ribuan data obat yang mengandung kata sulfat.

Menurut Siti Saidah, tujuan penelitian tersebut untuk mengembangkan metode temu kembali informasi obat berbasis tingkat kemiripan string yang diukur dengan menggunakan edit distance adaption pada sistem pencarian informasi obat.

“Secara khusus salah satu tujuan penelitian ini untuk membangun mesin pencari informasi obat dengan pola pencocokan mengacu pada pedoman umum pembentukan istilah atau PUPI,” kata Siti Sadiah.

Menurut Siti Saidah, kamus obat tersebut sangat membantu masyarakat karena saat ini nama obat terdiri dari puluhan ribu sehingga sulit untuk diingat.

“Nama obat saat ini sangat banyak, dari satu sumber saja bisa mencapai empat puluh ribu. Semoga hasil penelitian ini bisa membantu masyarakat dalam mengenali berbagai jenis obat,” kata Siti Saidah.

Siti Sadiah, menempuh pendidikan program doktor di Universitas Gunadarma dengan Promotor: Profesor Doktor Ing. Adang Suhendra, Ko Promotor : Doktor Lintang Yuniar Banjarsari, Doktor Aries Muslim. Sedangkan Desertasinya beerjudul “Pengembangan Metode Temu Kembali Berbasis Tingkat Kemiripan String Yang Diukur Menggunakan Edit Distance Adaptation Pada Sistem Pencarian Informasi Obat”.

Siti Sadiah, wanita kelahiran Jakarta, 20 Agustus 1967 menyelesaikan pendidikan S1 jurusan Sistem Informasi, S2 jurusan Sistem Informasi Bisnis yang semuanya ditempuh di Universitas Gunadarma. Saat ini Siti Sadiah juga aktif mengabdi di Universitas Gunadarma sebagai Kepala Sub Bagian Monitoring Dosen.

Disamping sebagai dosen, Siti Sadiah juga aktif dalam berbagai kegiatan sosial. Saat ini ia juga menjadi mediator orang tua asuh kegiatan BAYATI (Bina Anak Yatim Duafa Berprestasi) Masjid Jami Almuslimun Jalan Selakopi RT.03 RW.05 Kelurahan Sindang Barang Bogor Jawa Barat.