DepokNews–Saat ini hampir semua bangunan menggunakan ubin kermik, karena dengan ubin keramik bangunan tersebut akan lebih indah dan lebih nyaman untuk ditempati. Berdasarkan latar belakang tersebut, Hasma Rasjid, mahasiswa program S3 Universitas Gunadarma melakukan penelitian cara mendeteksi cacat kelengkungan tepi dan puntiran pada ubin keramik.

Atas prestasi penelitiannya tersebut Hasma Rasjid berhak menyandang Doktor Teknologi Informasi setelah berhasil mempertahankan desertasinya yang berjudul: Algoritma “Contour-Base Line” mendeteksi cacat kelengkungan tepi dan puntiran pada ubin keramik. Desertasi tersebut dipertahankan dalam sidang terbuka promosi Doktor Teknologi Informasi di Universitas Gunadarma Kampus J6 Jalan Cikunir Bekasi, Senin (15/4/2019). Dalam sidang terbuka tersebut Hasma Rasjid dinyatakan lulus sebagai Doktor Teknologi Informasi dengan predikat sangat memuasakan. Hasma Rasjid merupakan Doktor Teknologi Informasi lulusan ke-152.

Hasma Rasjid, wanita kelahiran Ambon, 29 Juni 1968 yang merupakan ibu dari dua orang anak dengan penuh percaya diri mampu memaparkan hasil penelitiannya dan juga dengan lancar mampu menjawab berbagai pertanyaan dan sanggahan dari tim penguji sebelum dinyatakan lulus. Beberapa penguji juga memberikan apresiasi atas penelitiannya, karena keramik, sebagai obyek penelitiannya menjadi kebutuhan masyarakat luas.

“Penelitian ini menarik karena hampir setiap orang menggunakan keramik, hasil penelitiannya ini juga bisa dimanfaatkan oleh pabrik keramik,” kata salah satu penguji.

Hasma Rasjid mengatakan prestasi yang telah dicapainya tersebut atas usaha kerasnya dengan mengikuti seluruh arahan dosen pembimbing serta dukungan dari keluarga.
“Alhamdulillah dalam melakukan penelitian ini saya mendapat kemudahan dari pabrik, saya juga berharap bisa terus mengembangkan penelitian ini,” kata Hasma Rasjid.

Hasma Rasjid menempuh pendidikan program doktor dengan Promotor: Profesor Dr.B.E.F da Silva, Ko Promotor: Doktor Nur Sultan Salahudin, SKom,MT dan Doktor Bertalya, SKom, DEA.

Berita terkait: Lakukan Peneliitan Terkait Alquran dan Alhadist, Mahasiswa Universitas Gunadarma Raih Gelar Doktor