Mahasiswa UI Raih Medali Emas Cabang Renang Artistik Pada Ada Pon XX Papua

DepokNews — Visky Sekar Floreta Pribadi, mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Indonesia (FHUI) menorehkan prestasi dalam ajang pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XX tahun 2021 di Kota Jayapura, Papua.

Dalam ajang tersebut, Visky merupakan salah seorang atlet yang mewakili Provinsi DKI Jakarta yang berhasil meraih medali emas dalam nomor beregu renang artistik. Prestasi ini diumumkan oleh panitia pada Kamis (7/10) di Jayapura, Papua.

Visky bersama timnya diharuskan berkompetisi pada jenis gerakan teknik (technical routine) dan gerakan bebas (free routine). Nilai akhir merupakan gabungan dari kedua jenis lomba tersebut. Provinsi DKI Jakarta berhasil mengoleksi total nilai 71.0635 yang merupakan gabungan dari poin 35,1301 pada kategori technical routine dan 35,9334 pada kategori free routine.

Menurut Visky, hasil yang baik ini didapat karena persiapan yang dilakukan tim DKI sangat matang, dan telah melalui proses yang panjang. “Sebelum pertandingan di Jayapura, kami telah melakukan latihan dan beberapa try out seperti perlombaan Jakarta Aquatic Invitation, Hongkong Open, Singapore Artistic Swimming Championship, dan Indonesia Open sepanjang tahun 2019. Itupun masih ditambah dengan training camp selama dua setengah bulan sebelum pertandingan,” ujarnya.

Visky mengatakan bahwa sebagai seorang atlet, tahapan persiapan yang panjang seperti itu sebenarnya sudah biasa, namun yang menjadi tidak biasa justru adalah statusnya sebagai mahasiswa baru angkatan 2020 di UI. Sebagai mahasiswa baru, banyak bentuk adaptasi yang harus ia lakukan terkait kegiatan perkuliahan, termasuk membagi waktu antara latihan renang dan kuliah.

“Untuk latihan biasa saja, kami bisa melakukan latihan sampai 7-8 kali dalam seminggu di Gelora Bung Karno Aquatic Stadium, terlebih lagi kalau sudah mendekati jadwal lomba, itu bisa sampai larut malam. Sebagai atlet, kami juga membutuhkan waktu recovery yang cukup dan tidur yang lebih lama dari orang pada biasanya,” ujarnya menjelaskan tentang kendala yang dihadapinya.