Ire Puspa Wardhani, Skom saat mempresentasikan hasil penelitiannya

Mahasiswa Gunadarma Ini Temukan Aplikasi Pencari Content video Secara Cepat

Posted on 1,386 views

DepokNews — Mahasiswa Universitas Gunadarma program Doktor Teknologi Informasi, Ire Puspa Wardhani, Skom., MMSI menemukan aplikasi yang boleh dibilang spektakuler, yaitu aplikasi untuk menemukan sebuah video pada media online berdasarkan gambar.

“Ini shofware untuk pencarian video dengan menggunakan gambar, shofware lebih cepat menemukan video yang dicari dibandingkan dengan menggunakan kata kunci pada search engine,” katanya.

Doktor Ire Puspa Wardhani saat memberikan sambutan perdanannya sebagai seorang doktor

Temuan ini mengantarkan Ire Puspa Wardhani berhak menyandang gelar Doktor Teknologi Informasi setelah dinyatakan lulus dengan predikat sangat memuaskan dalam mempertahankan desertasinya yang berjudul “Pengembangan Metode dan Algoritma Pencarian Video Berdasarkan Similaritas Konten Fitur Bin Warna” pada sidang terbuka Promosi Doktor Teknologi Informasi di Universitas Gunadarma Jalan Cikunir Bekasi, Rabu (17/1/2017).

Menurut Ire Puspa Wardhani, penelitian ini mengembangkan suatu metode pencarian video berdasarkan kesamaan konten fitur bin warna. Realisasi dari metode ini terdiri dari dua tahab, yaitu pembentukan basis data video dan pencarian video.

Pada tahab pertama diawali proses ekstrasi file video untuk memisahkan frame-frame dalam video tersebut. Selanjutnya proses ekstraksi fitur warna lokal dan global menggunakan histogram bin warna 3D pada setiap frame.

Ketertarikan Ire Puspa Wardhani untuk melakukan penelitian terkait video tersebut, karena saat ini bisnis layanan video digital melalui jaringan TV digital atau melalui internet terus berkembang seiring dengan kebutuhan masyarakat dalam hiburan perfileman.

Hasil temuan Ire Puspa Wardhani ini mendapat apresiasi dari tim penguji saat sidang terbuka promosi doktor tersebut, bahkan temuan ini disarankan untuk didaftarkan sebagai Hak Atas Kekayaan Intelektual (HaKI).

“Ini sangat menarik, sebaiknya temuan ini didaftarkan sebagai HaKI sehingga nantinya tidak ada pihak lain yang mengklaim hasil temuan Anda ini,” kata Doktor Ery Prasetyo Wibowo salah satu tim penguji.

Ire Puspa Wardhani menempuh pendidikan program doktor dengan Promotor Prof.Dr. Sarifuddin Madenda, Ko Promotor Dr. Lussiana ETP dan Doktor Prihandoko. Ire Puspa Wardhani meerupakan Doktor Teknologi Informasi yang ke-122 lulusan Universitas Gunadarma