Sekolah Dasar Islam Pondok Duta (Istimewa)
DepokNews- Lurah Tugu, Kecamatan Cimanggis Abdul Mutholib mengatakan SD swasta Islam Pondok Duta berada di wilayah Kelurahan Tugu, dari pantauan pihaknya baru pertama kali ada insiden keracunan di sekolah tersebut.
“Ini baru pertama ya kejadian seperti ini,” katanya, kemarin, Kamis (18/10/2018).
Abdul menerangkan, insiden tersebut seharusnya menjadi sebuah pelajaran bagi pihak Yayasan untuk membenahi fasilitas – fasilitas yang ada di sekolah.
“Ya ini pembelajaran juga bagi pihak sekolah, terutama mengenai kebersihan agar tidak terjadi lagi masalah seperti ini,” tandasnya.
Sebelumnya sebanyak 156 siswa SDIT Pondok Duta keracunan akibat menggunakan air di sekolah untuk wudhu dan cuci tangan. Penyidik memeriksa sumber air yang biasa digunakan sehari-hari.
Kemudian memeriksa toren penampungan air yang berada di lantai tiga. Penyidik juga mengumpulkan informasi soal jumlah siswa yang diduga mengalami keracunan.
Saat ini belum dapat disimpulkan, karena masih menunggu hasil uji laboratorium yang dilakukan Dinas Kesehatan Kota Depok. Uji laboratorium diperkirakan keluar 14 hari dari pengambilan sampel.
Informasi yang didapat pihak kepolisian, jumlah siswa yang diduga mengalami keracunan sebanyak 156 orang. Jumlah itu tidak terjadi di waktu bersamaan. “Itu rentang waktu 2-11 Oktober 2018,” ungkapnya.
Pasca peristiwa tersebut, pihak sekolah pun melakukan perbaikan internal dan infrastruktur. Salah satunya dengan meningkatkan kebersihan lingkungan di sekitar sekolah termasuk jajanan siswa.(mia)