DepokNews- Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) mengadakan lomba pembuatan 100.000 Lubang Resapan Biopori (LRB). Lomba ini terbuka untuk tingkat Rukun Tetangga (RT) dan Rukun Warga (RW).

DLHK Kota Depok, Ety Suryahati mengatakan, tujuan lomba yaitu untuk meningkatkan kesadaran dan keterlibatan masyarakat mulai dari tingkat RT, RW, kelurahan sampai kecamatan agar peduli terhadap lingkungan.

“Masyarakat juga didorong agar berperan aktif dalam upaya peningkatan kualitas lingkungan hidup melalui kegiatan ini,” ujar Ety, Suryahati, Jumat (26/03/21).

Dikatakannya, lomba ini juga dimaksudkan untuk mewujudkan program Pemkot Depok dalam upaya perbaikan kualitas lingkungan hidup. Adapun kegiatan lomba berlangsung sejak 23 Maret hingga 18 Mei 2021.

“Pemkot Depok akan memberikan apresiasi terhadap enam RW, lima kelurahan dan tiga kecamatan yang terbanyak dan terbaik dalam melaksanakan kegiatan pembuatan LRB. Hadiah diberikan dalam bentuk uang pembinaan,” terangnya.

Ety menyebut, dalam lomba ini, tidak ada bantuan alat maupun pendampingan dari DLHK. Pasalnya, pihaknya sudah memberikan sosialisasi secara masif terkait upaya penyelamatan dan pelestarian lingkungan melalui pembuatan LRB.

“Mereka (masyarakat) harus secara mandiri melakukan perbaikan dan pelestarian lingkungan. Materi dan praktik sudah sering kami berikan dalam bentuk sosialisasi. Mudah-mudahan upaya ini bisa mewujudkan 100.000 LRB di Kota Depok,” tutupnya.