Lolos Tahap I dan II Lomba 3 R, DLHK Kembali Verifikasi Lapangan Tiga Bank Sampah

DepokNews -Tiga Bank Sampah (BS) yang berhasil lolos pada seleksi tahap I dan II Lomba Reuse, Reduce, Recycle (3R) menjalani verifikasi lapangan oleh Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Depok.

Kepala DLHK Kota Depok, Ety Suryahati mengatakan verifikasi atau penilaian tahap tiga terhadap bang sama tersebut untuk melihat kegiatan yang dilakukan oleh masing-masing BS.

“Dari 10 peserta di tahap II, kami seleksi kembali dan menghasilkan tiga BS terbaik yaitu BS Dahlia Pirus, BS Villa Tanah Baru dan BS Mekar Peduli. Ketiganya telah kami datangi untuk dilakukan verifikasi lapangan, kemarin,” ujar Kepala DLHK Kota Depok Ety Suryahati, di ruang kerjanya, Selasa (06/04/21).

Penilaian pada tahap ke tiga ini Kata Ety antara lain kondisi fisik dari tiga BS seperti kreativitas presentasi, administrasi (pembukuan), kekompakan (solidaritas), Inovasi produk (kegunaan dan estetika) serta inovasi pengembangan program BS.

“Peserta memiliki program dan kegiatan yang mumpuni, serta mampu menjadi penggerak lingkungan. Mudah-mudahan mereka yang lolos ini menjadi garda terdepan dalam melakukan sosialisasi kepada masyarakat,” teangnya.

Untuk pengumuman pemenang akan dilakukan saat Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Depok pada 27 April mendatang. Saat ini, tim DLHK sedang melakukan penilaian guna menentukan juara I, II dan III.

“Hadiahnya berupa piagam dan uang pembinaan. Pemenangnya diumumkan nanti saat HUT Kota Depok” jelasnya.

Untuk diketahui, DLHK Kota Depok melaksanakan lomba 3R secara virtual. Kegiatan yang rutin digelar setiap tahun tersebut, bertujuan mendorong masyarakat dalam upaya perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup. Selain itu, juga sebagai apresiasi kepada mereka yang memiliki konsistensi serta komitmen terhadap lingkungan.