Produk kosmetik lipstik (Ilustrasi)

Lipstik Hanya 2 Sampai 4 Tahun Loh, Ini Bahaya Memakai Lipstik Kadaluarsa

Posted on 65 views
DepokNews- Produk kosmetik seperti lipstik umumnya tak mencantumkan tanggal kadaluarsa. Namun bukan berarti lipstik yang Anda miliki bisa digunakan selamanya. Karena, setiap produk kosmetik juga memiliki masa pakai yang terbatas, dan bisa berdampak buruk jika terus digunakan, dari iritasi hingga kanker kulit.
Jadi, sangat penting bagi Anda sebagai konsumen untuk mengecek masa kadaluarsa lipstik anda.
Lipstik memiliki kadar kadaluarsa 2-4 tahun. Tanda-tanda jika lipstik sudah tidak layak pakai, antara lain aromanya yang sudah mulai berubah menjadi apek, teksturnya berubah seperti mencair dan meleleh, dan tidak lagi dapat menempel maksimal di bibir. Jika lipstik Anda sudah mengalami tanda-tanda ini, ada baiknya Anda membuangnya.
Tidak sedikit wanita yang nekat tetap menggunakan kosmetik yang mereka miliki walaupun telah lewat tanggal kadaluarsa, hal ini disebabkan oleh beberapa alasan seperti tidak adanya efek apapun yang mereka rasakan, menghemat pengeluaran, dan sebagainya. Kosmetik yang kadaluarsa bisa jadi kandungannya telah berubah menjadi bersifat toxic alias beracun
Salah satu ciri makeup yang sudah kadaluarsa adalah dari bau dan warnanya yang sudah mulai berubah. Menggunakan makeup kadaluarsa dapat membahayakan kesehatan kulit, mulai dari gatal, iritasi, infeksi, hingga kanker kulit. Tidak ingin bakteri, kuman, ataupun reaksi kimia yang muncul pada makeup kadaluarsa tersebut tertempel di wajah cantik kamu, bukan.
Lipstik, lip balm maupun lip gloss yang telah terlalu lama bisa mengakibatkan bibir kering, iritasi serta yang paling gawat ialah kulit bisa melepuh.(mia)