Lima Tahun Lalu KH. Hasyim Muzadi Berwasiat Ingin Dimakamkan di Depok

Posted on 14 views

DepokNews- Suasana di kediaman KH Hasyim Muzadi sudah ramai. Mantan Ketum PBNU itu akan dimakamkan di area rumahnya di Jalan H Amat, Kukusan, Beji, Depok. Kiai besar itu sebelum wafat sudah meminta agar dirinya dimakamkan disana.

Ahmad Sodiq salah satu kerabat menuturkan, bahwa dimakamkannya Almarhum di area Pondok Pesantren Al Hikam, di Jalan H. Amat No 21, Rt/RW 06/01 Kukusan, Beji merupakan wasiat KH Hasyim Muzadi.

“Ini memang sudah wasiat beliau sejak lima tahun silam. Beliau minta di kuburankan di area Pondok,” kata Sodiq, Kamis (16/3/2017).

Disamping wasiat Almarhum, alasan lain dikuburkan di area Pondok yaitu mempermudah para Santri dan keluarga untuk berziarah dimakam beliau.

“Jadi bisa mudah keluarga atau Santri berziarah atau berdoa. Makanya kita makam disini, ” ungkapnya.

Dijelaskan Sodiq, Pondok Pesantren Alhikam merupakan hasil jerih payah Almarhum yang membangunnya. Untuk itu dengan adanya makam KH Hasyim sekitar pondok agar beliau bisa menikmati dan menyaksikan sendiri Pondok yang dibangunnya.

“Ini karya beliau yang luar biasa. Artinya dengan hal ini beliau bisa melihat langsung setiap aktifitas pondok, “tutupnya.

Diketahui jenazah Almarhum KH Hasyim Muzadi akan di makamkan di Pondok Pesantren Alhikam Depok. Dan saat ini Jenazah tengah di terbangkan dari Malang menuju Depok.(mia