DepokNews- Melalui talkshow DBD di I-Dream Radio 104,4 Dinas Kesehatan Kota Depok mengimbau masyarakat untuk melakukan pembatasan sarang nyamuk (PSN) dengan cara 3M Plus. Pasalnya, melalui cara 3 M Plus ini efektif dalam mencegah penyebaran nyamuk DBD.

“Terus kami ingatkan kepada masyarakat untuk menggalakkan PSN dengan cara 3M Plus agar dilingkungan tempat tinggal dapat terbebas dari nyamuk DBD,” jelas Kepala Bidang Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (P2P), Umi Zakiati usai talkshow DBD di I-Dream Radio 104.4 AM, Selasa (03/11/20).

Dikatakan Umi, pihaknya terus melakukan edukasi kepada masyarakat untuk menerapkan perilaku yang sehat. Sebab, lingkungan yang sehat, dapat mencegah perkembangbiakan nyamuk. Tak hanya itu puskesmas setempat juga rutin melakukan Pemantauan Jentik Berkala (PJB) dengan mendatangi langsung ke rumah warga.

“PJB dilakukan agar lebih efektif dalam memantau perkembangan jentik, jika dibutuhkan akan diberikan dengan menaburkan bubuk larvasida pada tempat penampungan air,” ujarnya.

Terakhir, Umi mengatakan, pihaknya juga menggalakkan Gerakan Satu Rumah Satu Juru Pemantau Jentik (Jumantik). Setiap anggota keluarga berperan aktif secara rutin memantau keberadaan jentik nyamuk di dalam dan lingkungan rumah agar lebih efektif dalam memberantas nyamuk.