Letarikan Budaya Depok, Pemkot Buat Kampung Budaya

Wali Kota Depok saat event lenong di Balkot Depok (Istimewa)

DepokNews- Salah satu upaya Pemerintah Kota (Pemkot) Depok, untuk terus melestarikan kebudayaan asli Depok agar tidak hilang akibat perkembangan zaman, adalah membentuk kampung-kampung budaya.
Wali Kota Depok Mohammad Idris mengatakan, bahwa zaman boleh berubah tetapi budaya harus tetap dilestarikan. 

“Untuk itu, kita berencana meluncurkan Depok sebagai kota yang sangat peduli terhadap budaya dengan membentuk kampung-kampung budaya,” kata Idris belum lama ini.

Mohammad Idris menjelaskan, pembentukan kampung-kampung budaya akan dilakukan di sejumlah titik yang memiliki nilai sejarah. Namun, menurutnya, saat ini pihaknya belum menentukan lokasi pasti karena sedang dalam pengkajian.

“Kami memang ada tempat-tempat yang bisa dikembangkan sebagai Kampung Budaya. Misalnya, disini ada Kota Lama yang dulu namanya Belanda Depok. Kemudian nanti ada Kampung Betawi, Kampung Sunda, dan Kampung Jawa. Ke depannya akan kita sediakan tempat,,” terangnya.

Dirinya menambahkan, nantinya kampung-kampung budaya ini bisa menjadi salah satu obyek wisata. Dengan begitu, masyarakat dapat lebih mengenal berbagai budaya di Kota Depok.
“Depok kental akan budaya, mari sama-sama kita lestarikan untuk generasi yang akan datang,” tutupnya.(mia)