Lestarikan Lingkungan, Sekber Sahabat Ciliwung Bakal Tanam Pohon di Pinggir Ciliwung

Posted on 2 views

DepokNews — Sekber Ciliwung terus ikut berupaya dengan bekerjasama bersama beberapa pihak untuk melestarikan keindahan Sungai Ciliwung. Selain aktif membersihkan sampah di Sungai Ciliwung Sekber Sahabat Ciliwung juga akan melakukan penanaman pohon di pinggir Sungai Ciliwung.

Koordinator Sekber Sahabat Ciliwung Hidayat Al Ramdani mengatakan, saat ini pihaknya tengah fokus memetakan mana saja wilayah yang akan ditanami pohon. Sedangkan untuk waktu pelaksanaannya mulai tanggal 19 Maret 2017.

“Beberapa hari ini kita akan mapping untuk menentukan titik-titik yang akan ditanami dan mudah untuk dijangkau perawatannya, dan tentunya dapat izin dari pemilik lahan. Untuk waktunya kemungkinan sebelum atau setelah hari jadi Kota Depok, karena pas tanggal 27 April, kita akan fokus ikut kegiatan di Pemerintah Kota (Pemkot) Depok,” ucap Hidayat.

Dia mengatakan, sebagai langkah awal, pihaknya akan menggandeng Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kecamatan Cipayung untuk bersama-sama menjaga Sungai Ciliwung dengan melakukan kegiatan-kegiatan nyata. Salah satunya penanaman pohon di bantaran Ciliwung.

“Kita ajak KNPI Kecamatan Cipayung, karena sungai yang berada di sana (Cipayung) merupakan perbatasan antara Depok dan Bogor. Mudah-mudahan karang tarunanya tergerak melakukan kegiatan yang sedang kami persiapkan,” tambahnya.

Hidayat menyebutkan, sebanyak 150 bibit tanaman buah telah dipersiapkan Sekber Ciliwung untuk ditanam dalam kegiatan tersebut. Bibit yang akan ditanam merupakan hibah dari Kementerian Lingkungan Hidup yang belum lama ini menyambangi Sekber Ciliwung.

“Kalau nanti kurang, kita akan minta sama DLHK Kota Depok. Pasti mereka akan menyanggupi, karena alhamdulillah kita dapat dukungan penuh dari pembina yang ada di Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait,” kata Dayat, panggilan akrabnya.

Selain penanaman pohon, kata dia, digelar juga berbagai rangkaian seperti arung edukasi Ciliwung, latihan gabungan serta pemberian materi tentang keahlian di air termasuk vertical rescue kepada masyarakat bantaran. Di samping itu, juga digelar latihan gabungan bersama komunitas di Jakarta, Tangerang dan Depok.