Partai Demokrat Depok Semprot Disinfektan di 11 kecamatan (Foto: Mia Nala Dini-DepokNews)

DepokNews- Partai Demokrat Kota Depok melakukan penyemprotan cairan disinfektan di 11 Kecamatan di Kota Depok. Melalui program Bantuan Kemanusiaan ini, Partai Demokrat memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat di tengah wabah Korona.

Sebanyak lima unit mobil, dengan belasan operator lengkap dengan alat pelindung diri (APD) dan alat semprot diterjunkan untuk hari pertama, Selasa (31/3/2020).

Ketua DPC Partai Demokrat Kota Depok, Edi Sitorus mengatakan, agenda penyemprotan disinfektan ini merupakan bagian dari kepedulian partai berlambang Merci di saat seluruh dunia memerangi Covid-19.

“Ini arahan langsung dari Ketum kami, Pak AHY (Agus Harimurti Yudhoyono), Ketua Fraksi Demokrat, Ibas (Edi Baskoro Yudhoyono), pengurus pusat dan disupport ibu-ibu PAI (Persaudaraan Istri Anggota Fraksi Partai Demokrat),” kata Edi Sitorus kepada Radar Depok, usai brifing di halaman Kantor Sekretariat DPC, di Kelurahan Sukmajaya, Kecamatan Sukmajaya.

Untuk penyemprotan disinfektan kali ini, seluruh pengurus, anggota Fraksi dan kader berkolaborasi memberikan rasa aman dan nyaman di tengah mewabahnya virus Korona.

“Terima kasih kepada seluruh anggota fraksi, kader dan suami ibu Endah, Mas Agung Budi Santoso anggota Fraksi Demokrat DPR RI,” papar Edi.

Ketua Komisi C DPRD Kota Depok ini mengungkapkan, saat ini Depok sudah masuk zona merah, karena berdasarkan data per Senin, terkonfirmasi positif mencapai 40 orang dan empat warga meninggal dengan Orang Dalam Pemantauan (ODP) 1114 serta Pasien Dalam Pengawasan 312 orang.

“Depok sudah luar biasa penyebarannya. Sehingga, kami membantu meminimalisir penyebarannya,tidak mungkin pemerintah bisa sendiri menangani ini, perlu kerjasama dari seluruh stakeholder dan lapisan masyarakat, termasuk kami dari Demokrat,” jelasnya.

Ia pun kembali menegaskan, seluruh tim yang diturunkan menggunakan APD lengkap dan dibekali dengan pengetahuan tindakan pencegahan. Sehingga, saat penyemprotan, tim juga melakukan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat.

“Kami berharap agar bantuan yang dilakukan Demokrat dapat memberikan rasa aman dan nyaman, serta membuktikan bahwa Demokrat hadir di tengah masyarakat. Semoga wabah ini dapat tertangani dan situasi kembali kondusif,” pungkasnya.

Sementara itu, Sekretaris Umum (Sekum) DPC Partai Demokrat Kota Depok, Endah Winarti menambahkan, untuk tahap awal, pihaknya akan melakukan penyemprotan selama dua hari untuk 11 kecamatan, di mana hari pertama fokus di lima kecamatan.

“Jadi, lima mobil beriringan dulu semprot bareng, kemudian berpencar ke lima kecamatan, yakni Sukmajaya, Tapos, Cimanggis, Cinere dan Bojongsari selanjutnya dilakukan esok hari,” terang Endah.

Legislator di DPRD Kota Depok daerah pemilihan (Dapil) Sukmajaya ini pun mengucapkan terima kasih atas kesediaan rekan-rekan pengurus, fraksi dan kader yang mau menyukseskan agenda kemanusiaan ini.

“Insya Allah, dengan ikhtiar kami, partai Demokrat dan seluruh elemen dapat memutus mata rantai penyebaran Covid-19,” pungkasnya.

Agenda tersebut turut dihadiri Camat Sukmajaya, Tito Ahmad Riyadi dan Lurah Sukmajaya, Achmad Munandar.

Tito mengatakan atas nama warga Kecamatan Sukmajaya dan Pemkot Depok menghaturkan terima kasih dan aspresiasinya terhadap langkah Partai Demokrat yang membantu pemerintah, memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat dengan melakukan penyemprotan disinfektan di wilayahnya.

“Ini bentuk solidaritas dan kepedulian terhadap sesama. Semoga memberikan manfaat bagi masyarakat,” ucap Tito.

Ia menuturkan berdasarkan data dan informasi terakhir, sudah ada 40 warga terkonfirmasi, diperkirakan grafiknya akan naik. Sehingga Pemkot Depok memperpanjang work from home (WFH) hingga 21 April.

“Kita menjadi garda terdepan, dan saya harap seluruhnya dapat melengkapi dengan APD yang memadai dan untuk masyarakat agar selalu mematuhi imbauan serta arahan dari pemerintah,” tutup Tito.(mia)