DepokNews-Lembaga Bahsul Masail (LBM) Kota Depok menggelar acara Musyawarah Kitab Fathul Qorib. Salah satu tujuan dari acara tersebut adalah mengenalkan sistem pembelajaran kitab klasik dengan metode musyawarah di kalangan Pesantren, Ulama, Mubaligh di Kota Depok.

“Sudah menjadi kegiatan rutin LBM mengadakan kajian dan diskusi agama atau biasa dengan Bahsul Masail. Yaitu mendiskusikan suatu masalah untuk menghasilkan solusi dengan mengambil rujukan dari Al-Qur’an, Hadits, kitab klasik, dan lainnya,”ujar Ketua LBM Depok Ust. Fuad Munir. Kantor PC NU Depok, Kalimulya.

Fuad mengungkapkan, diharapkan dengan acara tersebut dapat melestarikan tradisi ulama salaf (musyawarah-red) di Depok. Pasalnya, musyawarah adalah solusi terbaik dalam memecahkan masalah dengan mufakat.

“Minimnya kegiatan musyawarah di kalangan Pesantren, dan Ulama. Kita ingin membumikan musyawarah di Depok,”paparnya.

Ia menambahkan, materi tersebut diambil dari Kitab Fathul Qorib atau yang berisi Ilmu Fiqih. Ia menambahkan, para peserta sangat antusias mengikuti acara.

“Para peserta antusias mengikuti jalannya acara. Apalagi, kitab ini biasa dikaji di kalangan Pesantren,”jelasnya.
Dalam kesempatan tersebut, nampak hadir Ketua Tanfidziyyah PC NU Depok KH. R. Salamun, Wakil Katib, KH. Mujib dan lainnya.