DepokNews- Layanan perpustakaan digital (e-perpus) yang dilakukan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Diskarpus) Kota Depok, meningkat drastis. Tidak tanggung-tanggung, kini mencatat 2.100 orang dibanding sebelum pandemi.

Kepala Diskarpus Kota Depok, Siti Chaerijah Aurijah mengatakan, pada Juni 2021, animo masyarakat terhadap literasi terbilang cukup tinggi sampai 622 pengunjung. Terdiri dari 279 pria dan 343 perempuan.

“Kami terus mengupayakan peningkatan akses. Karena bidang perpustakaan mengejar target pendaftar anggota dan pengunjung e-perpus setiap bulannya 200 orang,” kata Siti, Rabu (18/8).

Siti menyebut, terdapat penurunan aktivitas pengunjung yang terjadi pada Juli 2021. Menurut data, layanan e-perpus hanya diakses oleh 160 pengunjung.

Meski perpustakaan umum kini masih ditutup akibat Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4. Tak menyurutkan minat membaca masyarakat yang haus akan informasi dengan memanfaatkan e-perpus.

Pihaknya terus mendata jumlah pengunjung yang menggunakan e-perpus. Dari bulan Januari sampai Juli 2021 saja, Bidang Perpustakaan mencatat sebanyak 2.100 orang telah mengakses aplikasi besutan Diskarpus Depok.

“Pada 2018, total pengunjung 676 orang. Lalu 2019 ada 1.712 orang. 2020 terdapat 1.737 orang. Ini menunjukkan adanya peningkatan meski di tengah pandemi,” bebernya.

Saat ini, Siti menyebut, terdapat 9.130 eksemplar buku digital yang tersedia di aplikasi E-Perpus Kota Depok. Dari total jumlah buku digital tersebut, terbagi dalam beberapa kategori. Antara lain buku Anak, Novel, Sejarah, Agama, Bahasa dan Sastra, Ekonomi, Filsafat, Hukum, Kesahatan, serta Metodelogi Penelitian.