DepokNews–Sejumlah prestasi yang diraih SDIT Miftahul Ulum Cinere Depok tidak membuat civitas akademiknya berdiam diri dan puas. Setelah dinobatkan menjadi Sekolah Adiwiyata tingkat kota Depok akhir tahun 2018 lalu, di bulan Februari 2019 ini SDIT Miftahul Ulum meraih predikat Juara Umum Lomba-Lomba Pendidikan (LLP) di Kecamatan Cinere.

LLP yang diselenggarakan tiap tahun ini yang meliputi 3 cabang olahraga, literasi, dan seni. Untuk lomba LOKETA (Lomba Keterampilan Agama) yang akan dilangsungkan 21 Maret 2019 nanti, SDIT MU juga bertekad meraih juara umumnya.

Tepatnya hari Rabu, 6 Maret 2019 di lapangan utama parkir pukul 06.30 sd 07.15 WIB dilaksanakan Launching Car Free Day yang dibuka langsung oleh segenap pengurus yayasan.

Meskipun cuaca saat itu masih gerimis, namun para siswa sejak pukul 06.30 pagi sudah memadati area parkir utama. Seluruh mobil pengantar dan antar jemput siswa hanya diperkenankan menurunkan siswa saja dan langsung meninggalkan parkiran utama.

Tepat pukul 07.15 seluruh siswa bersama guru, karyawan, dan yayasan berjalan kaki menuju gerbang SDIT MU yang berjarak 300 meter dari parkiran utama. Kendaraan yang melewati jalur car free day saat itu menunggu sejenak hingga seluruh siswa tiba di gerbang SDIT MU.

Kegiatan yang dicanangkan SDIT MU dalam rangka menyiapkan diri menjadi Sekolah Adiwiyata Provinsi Jawa Barat – Nasional hingga Mandiri ini tidak hanya car free day di setiap hari Rabu.

Ada kegiatan lain yang menarik dan unik yaitu seluruh siswa diwajibkan membawa misting (tempat makan) dan tumbler (tempat minum) sendiri saat jajan di kantin. Makanan berupa bakso, ketoprak, siomay, cireng, dll harus memakai misting siswa. Begitu juga dengan aneka minuman dan juice harus memakai tumblr siswa.

Selanjutnya saat jam istirahat (pukul 09.30 WIB) ada ajakan minum air putih serentak di kelas masing-masing.

Semua kegiatan dan kebijakan ini dilakukan dalam rangka menanamkan siswa cinta kepada lingkungan, mengurangi penggunaan sampah plastik, dan peduli lingkungan hidup.

Orang tua dan yayasan sangat mendukung ketiga kegiatan tersebut yaitu car free day, minum air putih serentak, dan membawa misting dan tumbler dari rumah.